Ketua KPU Sebut Partai Ummat Punya Kans Lolos Verifikasi Faktual Ulang

Ade Rosman
29 Desember 2022, 20:37
KPU
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari berbicara dalam acara Catatan Akhir Tahun 2022 Komisi Pemilihan Umum di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (29/12/22). A

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan tak tertutup kemungkinan Partai Ummat akan lolos menjadi peserta pemilu 2024 mendatang. Menurut Hasyim proses verifikasi faktual ulang sudah pada tahapan rapat pleno di tingkat kabupaten dan kota. 

Menurut Hasyim, Partai Ummat sudah bisa melihat potensi lolos dengan memperhatikan hasil verifikasi di tingkat kabupaten dan kota. Bila lolos selanjutkan proses pleno akan dilakukan di tingkat provinsi. Merujuk proses ini ia klaim lolos dari Partai Ummat bisa diprediksi.  

"Sehingga kalau partai Ummat sudah tahu duluan ya biasa. Karena rekap sebelum nasional kan rekap di kabupaten/kota dan provinsi," kata Hasyim, Kamis (29/12).

Hasyim mengatakan proses verifikasi faktual ulang sama dengan proses yang telah dilakukan sebelumnya. Partai Ummat sudah bisa menerka mereka lolos atau tidak sebelum hasil verifikasi resmi di tingkat pusat diumumkan. 

Seperti diberitakan Katadata.co.id sebelumnya, Partai Ummat telah mengikuti verifikasi administrasi ulang untuk memperbaiki persyaratan keanggotaannya pada 23 - 24 Desember 2022. Usai dinyatakan lolos verifikasi administrasi oleh KPU RI, tahapan selanjutnya adalah verifikasi faktual ulang keanggotaan pada 26 - 28 Desember 2022.

 Setelah verifikasi faktual ulang keanggotaan Partai Ummat oleh KPU kabupaten/kota terkait, tahapan selanjutnya adalah rekapitulasi data dan penyampaian hasil verifikasi ke KPU provinsi pada 28 Desember 2022.

Berikutnya, KPU provinsi merekapitulasi dan menyampaikan hasil verifikasi faktual keanggotaan Partai Ummat itu ke KPU RI pada 29 Desember 2022. Terakhir, rekapitulasi hasil verifikasi faktual ulang keanggotaan parpol akan dilakukan KPU RI pada 30 Desember 2022.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...