Kaleidoskop 2022: Dari Haru Tragedi hingga PPKM Berakhir

Ameidyo Daud Nasution
31 Desember 2022, 10:00
Kaleidoskop 2022
ANTARA FOTO/Agha Yuninda/wsj/aww.
Seorang anak menaiki kereta wisata di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Perjalanan 2022 menjadi penuh cerita bagi bangsa Indonesia. Wabah Corona akibat virus Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 menjadi isu yang tak luput dari pembicaraan. Tidak hanya dampak terhadap kesehatan, Covid-19 telah membuat seluruh sektor berjibaku untuk bisa bertahan. 

Tak melulu cerita sedih, 2022 juga diwarnai dengan kabar bahagia, Gelaran Moto GP di sirkuit Mandalika membuat sorotan dunia tertuju ke Indonesia. Sejumlah prestasi juga ditorehkan atlet Tanah Air di kancah Internasional. 

Indonesia kembali menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Vietnam dengan 175 emas, 144 perak dan 106 perunggu. Di cabang bulu tangkis Indonesia membawa pulang trofi All England lewat ganda putra Bagas Maulana dan Muhammad Shohibul Fikri. Dari lapangan hijau timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara AFF 2022. Sedangkan timnas senior lolos Piala Asia 2023. 

Di luar prestasi di cabang olahraga, publik juga dibuat sibuk dengan sejumlah peristiwa yang terjadi sepanjang 2022. 

Omicron dan Rekor Covid-19 RI

Indonesia menghadapi badai penularan Covid-19 karena masuknya varian Omicron ditambah aktivitas saat Natal dan tahun baru 2022. Bahkan, kasus positif sempat mencapai rekor tertingginya yakni 64.718 pasien baru pada 16 Februari lalu.

Dampak mengganasnya penularan, pemerintah lalu merespons dengan meningkatkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi level 3. Pembatasan ketat diberlakukan terutama di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), DI Yogyakarta, Bali, dan Bandung Raya.

Meski demikian, berbeda dengan ledakan varian Delta, penularan Omicron tak berujung lonjakan pasien yang masuk rumah sakit hingga angka kematian. Memasuki Maret, penularan akhirnya menurun.

Moto GP Mandalika

Prestasi ditorehkan Indonesia usai kembali menggelar Moto GP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 20 Maret lalu. Ini pertama kalinya Indonesia mampu menggelar ajang balap motor tersebut setelah terakhir pada 1997.

Persiapan bahkan telah dilakukan sejak tahun 2019. Untuk membangun Sirkuit Mandalika, pemerintah juga telah menggelontorkan dana Rp 2,7 triliun.

Balapan yang dilangsungkan saat hujan deras ini sempat diwarnai aksi pawang hujan Bernama Rara. Sedangkan pebalap asal Portugal, Miguel Oliveira menjadi pemenang pertama Moto GP Mandalika.

 Korupsi Dana Bantuan ACT

Kabar tak sedap datang dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada pertengahan 2022. Para petinggi Yayasan filantropi itu diduga menyelewengkan dana dari para donatur senilai Rp 107 miliar.

Dana tersebut berasal dari CSR dari Boeing senilai hampir Rp 138 miliar. Belakangan, Kementerian Sosial mencabut izin yayasan tersebut untuk mengumpulkan dana.

Advertisement

Polisi juga ikut mengusut kasus ini dan menjadikan mantan Presiden ACT Ahyudin, Presiden ACT periode 2019-2022 Ibnu Khajar, Senior Vice President ACT Hariyana Hermain, dan Ketua Dewan Pembina ACT Periode 2019-2022 Novariadi Imam Akbari sebagai tersangka.

DOA WARGA UNTUK PUTRA RIDWAN KAMIL
DOA WARGA UNTUK PUTRA RIDWAN KAMIL (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww.)

 

 

Ferdy Sambo dan Pembunuhan Brigadir J

Kepolisian RI digegerkan dengan peristiwa pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J pada 8 Juli 2022. Pembunuhan berencana itu menyeret lima orang terdakwa yaitu mantan Kepala Divisi Propam Mabes Polri Ferdy Sambo, istri Sambo Putri Candrawathi dan tiga anak buahnya yaitu Ricky Rizal, Bharada Richar Eliezer dan Kuat Ma'ruf. 

Pembunuhan Brigadir J mendapat sorototan luas lantaran menyeret sejumlah perwira di institusi kepolisian. Buntut kasus itu, Ferdy Sambo diberhentikan dengan tidak hormat sebagai anggota Polri. Selain itu lima orang anggota kepolisian terseret sebagai terdakwa salah satunya adalah Brigjen Hendrea Kurniawan. 

Hingga saat ini, sidang Ferdy Sambo Cs, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terus bergulir. Pemeriksaan saksi ahli hingga pemeriksaan saksi meringankan setelah digelar. Tak lama lagi jaksa akan membacakan tuntutan dan Ferdy Sambo Cs bisa membacakan pledoi atau keberatan. 

Di tengah proses peradilan yang bergulir, pada 29 Desember 2022, Ferdy Sambo melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Ferdy Sambo menggugat Presiden Joko Widodo dan Kapolri atas pemberhentian dirinya sebagai anggota Polri. 

Pengacara Ferdy Sambo Arman Hanis mengatakan terdapat beberapa aspek teknis, yang diharapkannya dapat menjadi pertimbangan dalam pengkajian gugatan yang dilayangkannya. Aspek pertama adalah fakta bahwa Sambo selama menjadi anggota Polri telah menjalankan tugas, wewenang, dan kewajibannya dengan baik.

Aspek kedua, bahwa pada 22 Agustus 2022 lalu Ferdy Sambo telah menyampaikan surat pengunduran diri sebagai anggota Polri. Surat pengunduran diri itu dilayangkan sebelum adanya putusan sidang Komisi Kode Etik Polri dan Tingkat Banding.   Menurut Arman, surat pengunduran diri Ferdy Sambo ditujukkan kepada Kapolri. Namun, ia menyebut permohonan tersebut tidak diproses dan dipertimbangkan oleh para pihak terkait.

Aspek ketiga, masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Arman mengatakan, pengunduran diri kliennya telah diatur dalam Pasal 111 ayat (1) dan ayat (2) huruf a dan b Perpol Nomor 7 Tahun 2022, tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Profesi Polri (KKEP). Menurut Arman, aturan itu berbunyi terhadap terduga pelanggar KEPP yang diancam dengan sanksi PTDH diberikan kesempatan untuk mengajukan pengunduran diri dari dinas Polri. 

Dalam kasus ini Ferdy Sambo dituntut pidana penjara seumur hidup.  Pemberhentian Ferdy Sambo dari kepolisian berkekuatan hukum tetap sejak Senin (19/9). Putusan itu diambil Komisi Kode Etik Polri (KKEP) setelah menolak upaya banding yang diajukan Sambo. Komisi Banding juga menjatuhkan sanksi administratif berupa pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH) Sambo sebagai anggota Polri. 

Selain itu, mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan itu juga terkena sanksi etik dengan dinyatakan melakukan perbuatan tercela. Keputusan itu merupakan penguatan atas putusan putusan Sidang KKEP Nomor EP/74/VIII/2022 tanggal 26 Agustus 20

SIDANG LANJUTAN FERDY SAMBO DAN PUTRI CHANDRAWATHI
SIDANG LANJUTAN FERDY SAMBO DAN PUTRI CHANDRAWATHI (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.)

Gagal Ginjal Akut

Sebanyak ratusan anak masuk rumah sakit akibat adanya penyakit ginjal akut. Mereka sebelumnya mengonsumsi obat sirop yang mengandung etilen glikol dan dietilen glikol.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 324 orang anak masuk rumah sakit, sedangkan 200 di antaranya meninggal. BPOM lalu mencabut izin edar 32 obat sirop untuk mencegah adanya korban.

Kejadian ini mengakibatkan kepolisian dan BPOM menetapkan empat perusahaan sebagai tersangka. Keempatnya adalah PT Yarindo Farmatama, PT Universal Pharmaceutical Industries, PT Afi Farma, dan CV Chemical Samudera.

SUPORTER TIMNAS INDONESIA
SUPORTER TIMNAS INDONESIA (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.)

 

Tragedi Kanjuruhan

Dunia sepakbola RI dikejutkan dengan tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022. Kejadian ini berawal saat aparat kepolisian menembakkan gas air mata ke tribun penonton saat pertandingan Arema melawan Persebaya Surabaya.

Penonton yang panik lalu berdesakan untuk keluar dari Pintu 12 dan 13 stadion tersebut. Penumpukan mengakibatkan 135 orang meninggal dunia usai kehabisan napas hingga terinjak-injak.

Buntut kejadian tersebut, pelaksanaan Liga 1 sempat disetop hingga 5 Desember 2022. Polisi juga menetapkan enam orang tersangka yang dianggap bertanggung jawab atas kejadian ini. Sedangkan Komnas HAM pada 29 Desember 2022 menyatakan Tragedi Kanjuruhan bukan terkategori pelanggaran HAM berat. 

Vaksin IndoVac Diluncurkan

Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan sekaligus melakukan penyuntikan perdana Vaksin IndoVac yang diproduksi oleh perusahaan farmasi milik negara, PT Bio Farma (Persero). Peluncuran dilakukan di Gedung Bio Farma, Bandung, Kamis (13/10). Nama IndoVac atau Indonesia Vaccine datang langsung dari orang nomor satu di Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan kehadiran vaksin IndoVac merupakan bukti nyata keseriusan pemerintah dalam membangun ketahanan kesehatan nasional.

"Teringat saat melaporkan pengembangan vaksin BUMN ke Bapak Presiden saat kunjungan ke Korea beberapa waktu lalu. Vaksin IndoVac adalah pemberian nama dari Bapak Presiden, yang hari ini meluncurkan dan mengapresiasi vaksin dengan bahan baku lokal, karya anak bangsa," ujar Erick dalam keterangan tertulis, Kamis (13/10).

Erick mengatakan, IndoVac merupakan hasil kerja sama antara holding BUMN farmasi, Bio Farma, dengan dengan Baylor College of Medicine (BCM) Amerika Serikat (AS). Bio Farma juga meneken kerja sama dengan perusahaan farmasi Inggris ProFactor Pharma, di KBRI London, Inggris, pada akhir bulan lalu.

Dalam kerjasama tersebut, Bio Farma akan mendapat hak eksklusif untuk pengembangan bersama produk darah Recombinant Factor VIII (ProFactor dan Bio Farma) secara global. Menurut Erick, Indonesia menjadi ‘hub’ produksi untuk vaksin dunia. Selanjutnya ProFactor akan mendistribusikan ke Eropa dan Amerika, Indonesia untuk wilayah Asia, Afrika dan lain-lain. 

 

Gempa Cianjur dan Bencana Alam

Indonesia juga diguncang bencana alam sejak awal tahun hingga menjelang pergantian kalender. Salah satunya adalah gempa bermagnitudo 5.8 yang terjadi di Kabupaten Cianjur pada 21 November lalu.

Penyebab gempa ini belum bisa dipastikan meskipun sejumlah ahli mengatakan bahwa aktivitas sesar Cimandiri menjadi penyebabnya. Adapun Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan jumlah korban mencapai 600 orang. Sedangkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan 335 orang meninggal.

Usai Cianjur, gempa juga sempat terjadi di Kabupaten Garut, Jember, hingga Sukabumi. Meski demikian, guncangan yang terjadi tak mengakibatkan kerusakan separah gempa Cianjur.

Selain gempa, Gunung Semeru juga mengalami erupsi lagi tahun ini. Luncuran awan panas gunung tertinggi di Pulau Jawa ini mengakibatkan 1.979 orang mengungsi.

 
 
Infografik_Pandemic Fund, Dana Penangkal Krisis Besar
Infografik_Pandemic Fund, Dana Penangkal Krisis Besar (Katadata/ Nurfathi)

 

KTT G-20

 Perjalanan Indonesia di 2022 tak bisa dilepaskan dari pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi negara G20 atau KTT-G20. Sejak awal tahun berbagai kegiatan sudah digelar di sejumlah kota di Indonesia sebagai rangkaian dari presidensi Indonesia di G-20 untuk 2022. Puncaknya, pada 15-16 November 2022 para pemimpin dunia berkumpul di Bali selama dua hari. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia memiliki kepercayaan negara-negara anggota G20 saat Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Indonesia 2022 berlangsung. Hal tersebut ditunjukkan dengan terbentuknya Deklarasi Bali dari pertemuan multilateral tersebut.

Seperti diketahui, Deklarasi Bali berisi 52 paragraf yang merangkum sikap negara-negara G20 terhadap situasi internasional terkini. Salah satu paragraf yang memiliki perdebatan panjang, yakni tentang Perang Rusia-Ukraina.

KTT G-20 Bali juga melahirkan Pandemic Fund yang akan menjadi bantalan bagi negar-negara untuk menghadapi pandemi di masa yang datang. Sukses Indonesia menggelar KTT G-20 diapresiasi oleh banyak negara. Terakhir Indonesia menyerahkan palu presidensi G-20 pada India untuk 2023 mendatang.

Akhir PPKM

Presiden Joko Widodo berencana mengakhiri Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah berlangsung sejak Juli 2021. Alasannya, kasus Covid-19 sudah melandai sehingga aktivitas perlu dimulai lagi secara normal.

Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan RI saat ini telah memasuki fase endemi. Meski demikian, ahli wabah meminta rencana pelonggaran tersebut dilakukan secara berhati-hati.

Hingga beberapa hari jelang pergantian kalender, Jokowi juga belum memutuskan nasib penghentian PPKM. Presiden ingin Kementerian Kesehatan dan para pakar mengkaji lebih dalam kekebalan penduduk Indonesia sebelum memulai fase hidup normal. 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait