Gerindra Persilakan Sandiaga Uno Maju Pilpres Asal Keluar dari Partai

Ade Rosman
4 Januari 2023, 07:21
Gerindra
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (ketiga kiri), Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (tengah), Sekjen PKB Hasanuddin Wahid (kanan), dan Wakil Ketua Umum bidang Pemenangan Pemilu PKB Jazilul Fawaid (ketiga kanan) bersama sejumlah pengurus partai menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan tidak ada kader partainya yang ikut mencalonkan di partai lain. Menurut Sufmi, bila ada kader yang ingin mencalonkan diri sebagai calon presiden, maka dipersilakan untuk menggunakan kendaraan partai politik lain, dengan catatan hengkang dari Gerindra.

"Tidak ada kader Gerindra yang kemudian ikut mencalonkan di partai lain," kata Dasco, di Kompleks Parlemen, Selasa (3/1).

Pernyataan Sufmi merupakan respons atas kabar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang menyatakan diri siap maju menjadi calon presiden 2024 mendatang. Dasco mengatakan, keputusan Gerindra saat rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Agustus 2022 lalu sudah bulat untuk mencalonkan Prabowo sebagai calon presiden yang akan diusung.

Meski begitu, Dasco mengatakan Gerindra tidak melarang kadernya bila mempunyai niatan maju sebagai capres. Namun, niat itu bisa direalisasikan melalui partai lain dan tidak melalui Gerindra.

"Jadi apa yang kami sampaikan ini sebagai bentuk penghargaan kepada alam demokrasi. Jadi tidak ada dari kami mau melarang, apabila ada yang ingin ikut kontestasi, silakan saja. Ya tentunya tidak lewat Partai Gerindra," ujar Sufmi lagi.. 

Secara terpisah, Sandiaga mengatakan dirinya masih memiliki hubungan baik, sinergis, dan harmonis dengan Gerindra. Sandiaga menilai pernyataan Sufmi Dasco lantaran ia beberapa kali ia diundang oleh Partai Persatuan Pembangunan. Meski begitu ia memastikan sampai saat ini masih menjadi kader Gerindra. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...