Ganjar Singgung Kejutan di Puncak HUT PDIP, Megawati Umumkan Capres?

Ira Guslina Sufa
10 Januari 2023, 09:30
PDIP
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) didampingi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kanan) di Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/12/2022).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat menyinggung soal kejutan yang bisa saja terjadi pada rapat Kerja Nasional sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun Ke-50 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang akan digelar hari ini, Selasa (10/1). Meski begitu ia tak menyebut dengan rinci kejutan apa yang dimaksud.  

“Kejutannya apa, ya tidak tahu. Namanya saja kejutan, besok (hari ini) belum tahu kejutannya apa," kata Ganjar di sela melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Brebes, seperti dikutip dari Antara, Selasa (10/1).

Meski mengaku mendengar adanya kabar yang mungkin diumumkan dalam Rakernas, Ganjar mengaku tak mau berspekulasi. Ia pun tak mau berkomentar soal sosok calon presiden yang mungkin akan diumumkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut Ganjar urusan calon presiden merupakan kewenangan Ketua Umum. 

"Kalau soal itu (capres), itu urusannya DPP, Bu Mega dan Pak Sekjen. Intinya kalau saya, besok itu waktunya refleksi bagi PDIP selama 50 tahun berkiprah itu seperti apa," ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, sebagai kader dirinya bangga menjadi bagian dari PDIP karena banyak pihak menilai kaderisasi yang dicanangkan Megawati Soekarnoputri di PDIP berjalan sukses. Hal itu terlihat dari banyaknya kader partai yang menjadi kepala daerah. 

Ganjar menyebut kunci sukses kaderisasi di internal PDIP adalah adanya pelatihan berkala. Selain itu juga adanya prinsip kesetaraan dalam berorganisasi. Mantan anggota DPR RI itu menyebut banyak kader PDIP yang sukses menjadi pemimpin seperti di Kabupaten Brebes.

"Kami tidak pernah berpikir dulu Mas Narjo di Brebes, yang mohon maaf dari gerakan paling bawah, ekonomi paling bawah, ternyata bisa memimpin. Beliau berpasangan dengan Bu Idza itu bisa dan perempuan lagi. Ini bagian dari kaderisasi yang bagus," ujar Ganjar lagi.

Pada rakernas yang berlangsung hari ini, Ganjar berharap PDIP makin solid. Ia menyebut fokus Rakernas sekaligus perayaan HUT Ke-50 PDIP dan acara akan diisi dengan kegiatan yang bersifat refleksi.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...