Polri Siagakan 3 Kompi Brimob Usai Penangkapan Lukas Enembe di Papua

Ira Guslina Sufa
11 Januari 2023, 10:39
Lukas Enembe
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Gubernur Papua Lukas Enembe memasuki ruangan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Markas Besar Kepolisian RI meningkatkan pengamanan di wilayah Jayapura, Papua usai penangkapan Gubernur Papua, Lukas Enembe pada Selasa (10/1). Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Prabowo mengatakan sebanyak tiga kompi Brimob disiagakan untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah tersebut.

Menurut Ignatius, jajaran Polda Papua, Polres Kota dan Polres Kabupaten Jayapura juga melaksanakan kegiatan rutin kepolisian yang ditingkatkan (KRYD) seperti patroli. Juga ada penambahan jumlah personel pada penjagaan di jam-jam rawan.  

“Jumlah personel tambahan kekuatan dua kompi gabungan dan Polda masih menyiagakan kompi siaga untuk antisipasi yang akan mengganggu kamtibmas,” kata Ignatius seperti dikutip dari Antara, Rabu (11/1). 

Lebih jauh, Ignatius mengatakan sesuai dengan direktif dari Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D Fakhiri, jajarannya meningkatkan pengamanan terhadap objek vital nasional. Pengalaman juga melibatkan personil TNI di bawah kendali Kapolres.   

Mengenai penambahan pasukan, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan belum ada penambahan pasukan dari luar wilayah. Pengamanan masih ditangani oleh jajaran Polda Papua.

“Belum ada (penambahan personel ke Papua),” kata Dedi kepada Antara. 

Menurut Dedi, pengamanan di Papua masih dapat diakomodir oleh personel kepolisian yang ada di Papua. Pengamanan masih menggunakan personel organik yang ada.

Dedi menjelaskan, berdasarkan informasi dari Wakapolda Papua secara umum situasi usai penangkapan Lukas Enembe sudah kondusif. Meski demikian, aparat keamanan yang tergabung atas TNI-Polri tetap bersiaga dalam mengantisipasi kejadian setelah peristiwa tersebut.  Ia juga memastikan aparat tidak meremehkan situasi di wilayah Papua dan tetap siaga dengan personel yang ada.  

Dedi menambahkan, Polri berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengawal penegakan hukum yang dilakukan terhadap Lukas Enembe dari Papua sampai Jakarta. Seperti pada saat tersangka mendarat di Bandara Samratulangi, Manado, dikawal Dansat Brimob Polda Papua dan Irwasda Polda Papua, dan dijemput Kapolda Sulawesi Utara.

Saat ini Lukas Enembe sudah berada di Jakarta. Ia langsung menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto sebelum dinyatakan sehat dan bisa menjalani pemeriksan lanjutan oleh KPK. 

 

 

Advertisement
Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait