KPU Buka Pendaftaran KPPS Pemilu untuk Mahasiswa, Ini Syarat Seleksi

Ade Rosman
12 Januari 2023, 12:08
Sejumlah peserta mengikuti tes tertulis menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Laboratorium Komputer SMK Pesat, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1/2023). KPU Kota Bogor melaksanakan tes tertulis dengan menggunakan sistem CAT bagi calon anggota
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/TOM.
Sejumlah peserta mengikuti tes tertulis menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Laboratorium Komputer SMK Pesat, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1/2023). KPU Kota Bogor melaksanakan tes tertulis dengan menggunakan sistem CAT bagi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 68 Kelurahan se-Kota Bogor pada Pemilu 2024 yang diikuti 558 peserta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk menjadi petugas Komite Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, KPU menawarkan pada kampus-kampus untuk menugaskan mahasiswanya menjadi anggota KPPS. Ia berpendapat, penugasan mahasiswa sebagai anggota KPPS sesuai dengan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, yang merupakan program pendidikan di Indonesia.

Advertisement

Hasyim mengatakan, pihak kampus dapat melaporkan daftar nama mahasiswa yang menjadi anggota KPPS, disertai keterangan fakultas dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Nanti, dilaporkan kepada KPU kira-kira mahasiswa yang akan menjadi anggota KPPS untuk pemilu ataupun pilkada, siapa saja namanya, fakultasnya apa, kemudian kita pakai nomor induk kependudukan sehingga nanti kita bisa tugaskan kira-kira di daerah mana," kata Hasyim, dikutip dari Antara, Kamis (12/1).

Lebih jauh, Hasyim mengatakan, jika ada mahasiswa yang berminat menjadi anggota KPPS, KPU RI akan menugaskan KPU provinsi dan kabupaten/kota untuk menyiapkan sistem penukaran anggota non-mahasiswa menjadi mahasiswa.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement