Curhat Megawati Soal Filosofi Hotel hingga Tolak Bandara Bali Utara

Ira Guslina Sufa
17 Januari 2023, 05:40
Megawati Soekarnoputri
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri (kanan) berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) saat meninjau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur di Bali, Senin (16/1/2023). KEK Sanur tengah ditransformasikan Kementerian BUMN untuk menjadi destinasi wisata komprehensif yang menonjolkan wisata kesehatan dan pariwisata.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan agar investasi di Pulau Bali tidak hanya menguntungkan para investor saja. Menurut Mega pembangunan yang dilakukan di Bali juga harus berorientasi pada kepentingan masyarakat lokal. 

“Pulau Bali ini penduduknya hanya beberapa, terus yang mau datang ke sini hanya investor doang. Saya mau rakyat Bali juga ada yang menjadi pengusaha dan lain sebagainya," kata Megawati, dalam rangkaian kegiatan peninjauan renovasi Grand Inna Bali Beach bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir di Bali, Senin (16/1). 

Pada kesempatan itu, Mega mengatakan pembangunan juga harus memperhatikan nilai dari lokasi dan destinasi. Ia mencontohkan, Grand Inna Beach Bali merupakan salah satu warisan Presiden Soekarno yang dibangun pada 1963.

Menurut Presiden RI ke-5 itu, saat membangun Grand Inna Bali Beach, Bung Karno ingin semua pekerjanya berasal dari Indonesia. Demi pembangunan hotel, Mega menyebutkan Bung Karno sampai menyekolahkan pelajar Indonesia ke sekolah perhotelan di Swiss agar dapat mengelola Grand Inna Bali Beach dengan baik.

Mega juga mengingatkan agar dalam pembangunan perlu tetap memperhatikan nilai kearifan lokal. Ia mencontohkan, Bung Karno pernah berpesan pula agar Hotel Grand Inna Bali Beach tidak lebih tinggi dari pohon kelapa. Hal itu untuk menjaga suasana Bali tetap bersatu dengan alam. 

Ia berharap renovasi Grand Inna Beach tidak mengubah struktur bangunan awal. Mega juga meminta pembangunan harus mempertahankan budaya lokal, seperti relief yang sarat akan makna sejarah yang terdapat di hotel. 

Renovasi Grand Inna Bali Beach sendiri ditargetkan selesai pada akhir Agustus 2023 bersamaan dengan Kebun Raya Kesehatan untuk menunjang KEK di Sanur. Pembangunan dan renovasi mengintegrasikan sektor kesehatan dengan pariwisata.

Megawati Tolak Bandara Bali Utara

Tak hanya mengingatkan Erick akan pentingnya menjaga filosofi Bali dalam renovasi Grand Inna Beach, Megawati juga menyatakan sikapnya yang menolak pembangunan Bandara di kawasan Bali Utara. Ia menilai pembangunan bandara itu hanya akan menguntungkan para investor semata dan melupakan para warga lokalnya. Megawati menjelaskan, Ia khawatir pembangunan bandara Bali Utara justru hanya akan menguntungkan investor. 

"Saya bilang enggak. Saya mewakili rakyat Bali. Nah ini masukin kalau berani, biarin Bali yang satu-satunya pulau yang PDI Perjuangan. Kenapa sih, kebayang enggak buang duit melulu," cerita Megawati.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...