Duta Besar RI untuk Italia Muhammad Prakosa Meninggal di Usia 62 Tahun

Ira Guslina Sufa
17 Januari 2023, 20:19
Duta Besar Muhammad Prakosa meninggal
Foto: KBRI Roma
Duta Besar Indonesia di Italia Muhammad Prakosa meninggal dunia

Duta Besar Indonesia untuk Italia, Muhammad Prakosa dilaporkan meninggal dunia pada hari ini, Selasa (17/1). Berdasarkan situs resmi Kementerian Luar Negeri, Prakosa meninggal pada pukul.10.55 waktu setempat, di Sacro Cuore FSR Roma pada usia 62 tahun 10 bulan.

“Keluarga besar Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma, turut berduka cita atas meninggalnya Duta Besar Dr. Muhammad Prakosa,” demikian dikutip dari situs KBRI Italia. 

Advertisement

Prakosa merupakan politikus asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Selain menjabat Dubes untuk Italia, Prakosa juga merangkap sebagai Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Malta, Siprus, San Marino serta FAO, IFAD, WFP, dan UNIDROIT. 

Semasa hidup Prakosa pernah menjadi anggota dewan di Senayan. Ia juga pernah menjadi Menteri Pertanian pada kabinet Persatuan Nasional pada era Presiden Abdurrahman Wahid. 

Pada era Presiden Megawati Soekarnoputri, Muhammad Prakosa dipercaya menduduki jabatan Menteri Kehutanan hingga tahun 2004. Saat tutup usia, Prakosa meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak. 

Keluarga besar KBRI di Roma menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Muhammad Prakosa. Mereka juga menyampaikan duka mendalam pada keluarga yang ditinggal agar diberi kekuatan, keikhlasan dan ketabahan atas peristiwa duka yang terjadi. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement