Momen Tak Biasa Jokowi Pakai Baju Merah Saat Kunjungan Kerja, Ada Apa?

Andi M. Arief
19 Januari 2023, 18:20
Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo Jokowi di Sulawesi Utara
Instagram @Jokowi
Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo di Sulawesi Utara

Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis (19/1)  melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Utara. Berbalut kemeja merah, Jokowi meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara dan mengunjungi Pasar Tradisional Airmadidi.

Nuansa kemeja yang dipakai Jokowi dalam kunjungan kerja kali ini berbeda dari biasa. Kepala Negara tampak mengenakan kemeja merah. Padahal, biasanya Jokowi selalu terlihat dalam balutan kemeja putih di hampir setiap kunjungan kerjanya. 

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menjelaskan tak ada yang spesial dengan perubahan tampilan Jokowi di kunjungan kerja hari ini. Ia menyebut, Kepala Negara hanya ingin berganti suasana. 

"Bapak Presiden sampaikan, 'masak putih terus, sekali-kali warna lain, bagus kan'?" kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin kepada wartawan, Kamis (19/1).

Bey mengatakan Presiden Jokowi tidak memiliki alasan khusus saat memakai kemeja merah tersebut. Menurutnya, kemeja tersebut dibeli langsung oleh Kepala Negara saat mengunjungi Mal Grand Indonesia. 

"Jadi, dipakai hari ini," ujar Bey.

Meski tak memiliki maksud khusus dengan perubahan tampilan hari ini, tetapi sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Jokowi punya chemistry sendiri dengan Sulawesi Utara. Pada pemilu 2019, PDIP menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak.

Rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum menunjukkan, PDP memperoleh suara tertinggi dengan raihan 564.703 suara. Dengan perolehan itu, dari enam legislator asal Sulawesi Utara di DPR, sebanyak tiga kursi dimiliki oleh PDIP. 

Jokowi akan menjalani kunjungan kerja di Sulawesi Utara hingga 20 Januari, Selain mengunjungi pasar Airmadidi di Minahasa Utara, dia juga meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara. 

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...