Langkah Ridwan Kamil Gabung Golkar Ubah Peta Politik Jelang Pilpres

Ira Guslina Sufa
20 Januari 2023, 14:08
Ridwan Kamil Resmi Gabung Golkar
Instagram Partai Golkar
Ridwan Kamil Resmi Gabung Golkar

Langkah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bergabung dengan Partai Golkar mendapat respons dari berbagai pihak. Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago menilai Ridwan Kamil memiliki posisi strategis sehingga keputusannya bergabung dengan Partai Beringin membuka peluang adanya perubahan konstelasi politik jelang pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

"Banyak kemungkinan yang bakal mengubah konstelasi Pilpres 2024, terutama dengan bergabung nya Kang Emil ke Partai Golkar," kata Arifki seperti dikutip dari Antara, Jumat (20/1). 

Menurut Arifiki jejak pemilu 2014 dan 2019 menempatkan Golkar dalam posisi  biasa lantaran gagal menempatkan kader sebagai calon presiden dan calon wakil presiden. Padahal secara hasil pemilu Golkar berada di urutan kedua. 

Bergabungnya Ridwan Kamil menjadi kader Partai Golkar dinilai Arifki akan membawa nuansa baru bagi Partai Beringin. Golkar bisa menarik segmen baru dalam memperlebar pemilihnya, khususnya pada segmen pemilih pemula dan muda yang masuk dalam kategori generasi milenial dan generasi Z.

Selain itu, menurut Arifki, kehadiran Ridwan memberi alternatif baru bagi Golkar dalam bursa pilpres apabila Ketua Umum Airlangga Hartarto gagal maju pada Pilpres 2024. Hal itu bisa saja terjadi lantaran Ridwan juga memiliki basis suara di Jawa Barat yang menjadi kunci di Pilpres 2024 mendatang. 

"Nilai jual Kang Emil itu tentu sebagai Gubernur Jawa Barat yang basis suaranya sangat menjanjikan sebagai capres atau cawapres. Ya, itu tergantung Golkar lagi mau atau tidak usung Kang Emil," ujarnya.

Di sisi lain, Arifki menilai Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan yang menjadi mitra Golkar dalam Koalisi Indonesia Bersatu juga telah dilirik dan melirik figur lain. PAN misalnya mulai membangun kedekatan dengan Erick Thohir dan PPP sedang membangun komunikasi dengan Sandiaga Uno. 

Arifki menegaskan, masuknya Ridwan Kamil akan mengubah peta politik di koalisi. Ia menilai lamanya deklarasi capres dan cawapres yang diusung KIB membawa publik berasumsi bahwa KIB identik dengan figur-figur baru yang populer.

Halaman:
Reporter: Antara, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...