Koalisi Pendukung Anies Optimistis Diskusi Nama Cawapres Januari Kelar

Ade Rosman
20 Januari 2023, 20:13
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) menyapa peserta saat Diskusi Kebangsaan Demi Indonesia di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M Kholid menyatakan pembahasan di antara anggota tim kecil dari Partai Keadilan Sejahtera, Demokrat, dan Nasional Demokrat (Nasdem) hampir final. Salah satu bahasan yang dibahas tim adalah mengumumkan dukungan resmi dari koalisi untuk pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden. 

"Semoga Januari ini tuntas pembahasan di tim kecil," kata Kholid, kepada Katadata.co.id, Jumat (20/1).

Tim kecil merupakan tim yang beranggotakan perwakilan dari ketiga partai pendukung Anies Baswedan. Tim kecil terbentuk setelah Nasdem secara resmi mendeklarasikan dukungan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta maju sebagai calon presiden pada awal Oktober 2022. 

Setelah pencalonan Anies, petinggi PKS, Nasdem dan Demokrat beberapa kali bertemu untuk membahas tema besar dan visi misi yang akan diusung koalisi. Selain itu, tim kecil juga membicarakan sosok yang akan menjadi calon wakil presiden pendamping Anies. 

Meski telah menunjukkan dukungan terhadap pencalonan Anies sebagai capres, hingga saat ini koalisi perubahan masih menemukan kecocokan suara tentang figur cawapres. Demokrat sebelumnya menyatakan mengusulkan nama Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono yang merupakan hasil rapat pimpinan nasional Partai Demokrat. 

Sama halnya dengan Demokrat, PKS juga mengusulkan calon sendiri untuk menjadi cawapres. PKS mengusulkan nama mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Menurut Kholid pembicaraan ketiga pihak masih bergulir dan diharapkan bisa rampung hingga akhir Januari. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...