SKK Migas Kejar Target Lifting dari Penambahan 49 Titik Bor Baru

Ira Guslina Sufa
22 Januari 2023, 11:17
SKK Migas
Katadata / Trion Julianto
SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan peninjauan pompa angguk di lokasi Sumur Bor Lapangan Duri, Riau (30/12/2022).

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Minyak dan Gas atau SKK Migas memastikan akan terus mengupayakan peningkatan target produksi minyak dan gas pada 2023. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM RI, Tutuka Ariadji mengatakan peningkatan produksi tetapi dilakukan dengan menerapkan standar keselamatan yang tinggi. 

Tutuka mengatakan, saat ini terdapat peluang peningkatan produksi di dari pengeboran beberapa sumur di wilayah Sumatera Bagian Selatan. Pada pekan lalu, ia telah bertemu dengan 13 Kontraktor Kontrak Kerja Sama Wilayah Sumbagsel dan meminta agar SKK Migas dan KKKS terus melakukan peningkatan produksi dengan mencari potensi cadangan yang ada. .

Advertisement

Sementara Kepala Departemen Operasi mewakili Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Bambang Dwi Djanuarto mengatakan SKK Migas dan KKKS Wilayah Sumbagsel telah berhasil mendapatkan tambahan produksi 14.187 barel minyak per hari dan 67,50 juta kaki kubik gas per hari (MMSCFD). Penambahan diperoleh dari pengeboran sumur eksploitasi atau sumur pengembangan sebanyak 49 sumur Wilayah Sumbagsel. SKK Migas dan KKKS di Wilayah Sumbagsel yang telah menyelesaikan pengeboran eksplorasi sebanyak 8 sumur di tahun 2022.

“Hasil pengeboran eksplorasi di wilayah Sumbagsel sebanyak 6 sumur mendapatkan temuan hidrokarbon sebesar 4.396 barel minyak per hari dan gas 34,75 MMSCFD,” ujar Bambang. 

Enam sumur baru yang telah menghasilkan yaitu Sumur Wilela-01 (PHR Zona-4), Sumur JTB 2X (PHE Ogan Komering), Sumur SRT-1X (PHE Jambi Merang). Ada juga Sumur Sungai Anggur Selatan-1 dan sumur Re-Entry Rimbo-1  (Sele Raya Belida) dan Sumur Flamboyan (Medco EP Indonesia). 

“Sebanyak 1 sumur yaitu Sumur BDA-2X (PHE Ogan Komering) tidak mendapatkan hidrokarbon,” ujar Bambang. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement