Ridwan Kamil Gabung Golkar, JK: Ahlan wa Sahlan, Selamat Datang

Ira Guslina Sufa
22 Januari 2023, 14:58
Ridwan Kamil gabung Golkar
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) berbincang dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ketiga kiri) dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (kedua kanan) saat menghadiri acara puncak HUT ke-58 Partai Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Keputusan politik Ridwan Kamil bergabung dengan Partai Golkar mendapat sambutan dari berbagai pihak. Mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla (JK) pun  mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Jawa Barat itu.  

"Ahlan wa sahlan. Selamat datang," kata Jusuf Kalla seperti dikutip dari Antara usai melaksanakan shalat dzuhur di Masjid Agung Al-Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/1). 

Sambutan selamat datang dari Mantan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI itu didengar langsung oleh Ridwan Kamil. Pada kesempatan itu, RK juga hadir mendampingi Jusuf Kalla menjalankan ibadah di Masjid Al Jabbar. Jusuf Kalla menyebut bahwa inti dari Partai Golkar ialah kekaryaan atau prestasi.

Sebelumnya, pada Rabu (18/1), Ridwan Kamil mengumumkan bahwa dirinya resmi bergabung sebagai kader Partai Golkar. Bergabungnya Ridwan Kamil ditandai dengan penyerahan kartu tanda anggota yang diserahkan oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Ridwan mendapat jabatan sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar.

"Saya sebenarnya tidak meminta, terserah Pak Airlangga. Tapi Pak Airlangga berbaik hati menempatkan saya di posisi Wakil Ketua Umum di (bidang) Penggalangan Pemilih dan co-chair Bappilu, Badan Pemenangan Pemilu," kata Ridwan Kamil di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta.

Ia menyebut salah satu alasan dirinya bergabung ke Partai Golkar karena menurutnya partai berlambang pohon beringin itu sebagai partai tengah. Ridwan merasa karakter Golkar cocok dengan dirinya yang juga terbuka dan menjunjung tinggi Pancasila. 

Ridwan Kamil Ubah Peta Politik 

Sambutan secara terbuka dari JK atas bergabungnya Ridwan Kamil menjadi amunisi baru bagi partai Golkar menghadapi pemilu. Alasannya, sebelumnya JK terlihat beberapa kali bertemu dengan calon presiden dari Partai Nasional Demokrat Anies Baswedan. Jusuf Kalla juga disebut-sebut sebagai salah satu tokoh yang mendorong Anies maju sebagai capres. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...