Wajah Baru Taman Pracima di Mangkunegaran, Siap Gelar Budaya dan Musik

Ira Guslina Sufa
22 Januari 2023, 13:50
Pembukaan Taman Pracima Pura Mangkunegaran
Antara
Pembukaan Taman Pracima Pura Mangkunegaran

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir meresmikan Pracima Tuin atau Taman Pracima yang ada di dalam Pura Mangkunegaran mulai dibuka untuk umum. Peresmian dilakukan pada Sabut (21/1) dan menjadi bentuk dukungan penuh pemerintah terhadap pelestarian seni dan budaya.

"Insyaallah di bawah Adipati Mangkunegara X, Mangkunegaran bisa menjadi bagian membangun sejarah budaya yang selama ini kadang terlupakan sejalan dengan perubahan zaman yang terjadi," kata Erick usai peresmian. 

Menurut Erick, peresmian Taman Pracima akan membuat masyarakat bisa lebih mengenal Pura Mangkunegaran. Dia berharap akan ada transfer pengetahuan dan sosial budaya dengan semakin besarnya interaksi masyarakat dengan keraton Surakarta. Pembukaan untuk publik juga diyakini bisa menjadi bagian dari membangun pondasi kebudayaan Bangsa Indonesia.

"Ke depan sebagai negara maju yang ancamannya bukan hanya perbedaan tetapi yang konteks lain juga bagaimana cara berpikir kita menjadi sangat liberal. Bukan benar dan salah, namun bagaimana selalu jadi bangsa yang bergotong-royong, menghormati yang lebih senior, kultur dijaga," kata Erick lagi. 

Setelah diresmikan untuk dibuka umum, selanjutnya Taman Pracima akan menjadi salah satu pusat interaksi budaya di Surakarta. Ke depannya, akan dilakukan sejumlah kegiatan budaya sehingga bisa menjadi objek wisata baru yang bisa dikunjungi masyarakat. Sesuai instruksi Erick, di Taman Pracima selanjutnya akan sering dilaksanakan festival budaya dan musik. 

Pembukaan Taman Pracima untuk umum akan dilakukan secara bertahap. Mangkunegara X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengatakan setelah soft opening, selanjutnya pelan-pelan dibuka untuk publik agar berkunjung. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...