Jisoo Blackpink Top Influencer Dunia, EMV Dior Capai Rp 2,9 Triliun

Ira Guslina Sufa
22 Januari 2023, 17:17
Jisoo Blackpink
instagram/@blackpinkofficial
Personel Blackpink

Jisoo Blackpink menguatkan posisi Industri musik Korea Selatan di industri mode global pada 2022. Hal itu dia buktikan dengan terpilih menjadi peringkat pertama Influencer of The Year yang dirilis Lefty's top influencers. Keberadaan Jisoo di industri mode global dilaporkan telah meraup kesepakatan bisnis fantastis dengan miliaran interaksi di sosial media. 

Dikutip dari Semafor.com, tak hanya Jisoo tiga personel blackpink lainnya juga bertengger di urutan kedua, ketiga dan keempat. Mereka adalah Rose, Jennie dan Lisa. Para personil Blackpink ini mengalahkan para artis mode papan atas barat seperti Kim Kardashian, Kylie Jenner, Zendaya, dan Bella Hadid.

"Idola K-Pop mengambil alih mode pada tahun 2022," demikian laporan Lefty seperti diikuti dari Semafor.com, Minggu (22/1). 

Lefty yang berada di bawah agensi mode global Karla Otto melakukan pemeringkatan didasarkan pada nilai earned media value atau EMV yang dihasilkan oleh para idola selama menjadi brand ambassador merek global. Interaksi di media sosial dan reaksi pengikut juga menjadi nilai yang dihitung. 

Berdasarkan catatan Lefty, Jisoo Blackpink telah menghasilkan earned media value sebesar $198 juta atau setara Rp 2,9 triliun untuk merek Dior. Perhitungan dilakukan didasarkan pada nilai yang harus dibayarkan oleh brand dengan menghitung keterpaparan yang sama yang diperoleh dari para influencer dibanding bila dilakukan melalui sebuah iklan pemasaran. 

Jisoo BlackPink telah menjadi brand ambassador untuk Dior sejak 2021. Pada Juli 2021 pendapatan Dior meningkat 86,8% menjadi 613,9 miliar won atau Rp 7,5 triliun. Dalam rentang waktu yang sama, keuntungan Dior meningkat dua kali lipat dari Rp 1,2 triliun menjadi Rp2,5 triliun usai Jisoo resmi menjadi ambasador global. 

Tingginya pengaruh posisi Jisoo Blackpink dengan Dior juga terlihat dari survei yang pernah dilakukan Katadata Insight Center (KIC), Pada Juli 2022, Katadata mencatat Jisoo berada di urutan teratas sebagai artis yang membuat responden teringat dengan merek fashion. Menurut survei, Dior menjadi merek busana yang paling banyak diasosiasikan dengan Jisoo Blackpink.

"Jisoo Blackpink sebagai brand ambassador Dior merupakan yang paling banyak diingat dari produk pakaian. Tidak hanya Jisoo, ketiga anggota Blackpink lainnya, yaitu Jennie, Lisa, dan Rose yang menjadi duta merek lain juga termasuk top 10 yang paling diingat," jelas KIC dalam laporannya.

Selain Dior, merek busana yang diasosiasikan dengan idol Korea Selatan adalah Chanel, LV, Celine, Prada, Gucci, Fila, dan YSL dengan rincian seperti terlihat pada grafik. Uniknya, merek-merek busana yang citranya dinilai lekat dengan artis K-Pop ini seluruhnya berasal dari Eropa, tepatnya Prancis dan Italia.

Dari sepuluh daftar influencer berpengaruh, Lefty juga menempatkan Cha Eun-woo, anggota boy band K-pop Astro di posisi 9. Cha Eun-woo menjadi satu-satunya pria yang berada di deretan 10 influencer of the year versi lefty. 

Berikut daftar 10 Influencer of the Year versi Lefty:

  1. Jisoo of Blackpink
  2. Rosé of Blackpink
  3. Jennie of Blackpink
  4. Lisa of Blackpink
  5. Kim Kardashian
  6. Zendaya
  7. Bella Hadid
  8. Kylie Jenner
  9. Cha Eun-woo of Astro
  10. Billie Eilish

 

Advertisement

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait