Jisoo Blackpink Top Influencer Dunia, EMV Dior Capai Rp 2,9 Triliun

Ira Guslina Sufa
22 Januari 2023, 17:17
Jisoo Blackpink
instagram/@blackpinkofficial
Personel Blackpink

Jisoo Blackpink menguatkan posisi Industri musik Korea Selatan di industri mode global pada 2022. Hal itu dia buktikan dengan terpilih menjadi peringkat pertama Influencer of The Year yang dirilis Lefty's top influencers. Keberadaan Jisoo di industri mode global dilaporkan telah meraup kesepakatan bisnis fantastis dengan miliaran interaksi di sosial media. 

Dikutip dari Semafor.com, tak hanya Jisoo tiga personel blackpink lainnya juga bertengger di urutan kedua, ketiga dan keempat. Mereka adalah Rose, Jennie dan Lisa. Para personil Blackpink ini mengalahkan para artis mode papan atas barat seperti Kim Kardashian, Kylie Jenner, Zendaya, dan Bella Hadid.

"Idola K-Pop mengambil alih mode pada tahun 2022," demikian laporan Lefty seperti diikuti dari Semafor.com, Minggu (22/1). 

Lefty yang berada di bawah agensi mode global Karla Otto melakukan pemeringkatan didasarkan pada nilai earned media value atau EMV yang dihasilkan oleh para idola selama menjadi brand ambassador merek global. Interaksi di media sosial dan reaksi pengikut juga menjadi nilai yang dihitung. 

Berdasarkan catatan Lefty, Jisoo Blackpink telah menghasilkan earned media value sebesar $198 juta atau setara Rp 2,9 triliun untuk merek Dior. Perhitungan dilakukan didasarkan pada nilai yang harus dibayarkan oleh brand dengan menghitung keterpaparan yang sama yang diperoleh dari para influencer dibanding bila dilakukan melalui sebuah iklan pemasaran. 

Jisoo BlackPink telah menjadi brand ambassador untuk Dior sejak 2021. Pada Juli 2021 pendapatan Dior meningkat 86,8% menjadi 613,9 miliar won atau Rp 7,5 triliun. Dalam rentang waktu yang sama, keuntungan Dior meningkat dua kali lipat dari Rp 1,2 triliun menjadi Rp2,5 triliun usai Jisoo resmi menjadi ambasador global. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...