Pledoi Eliezer: 4 Kali Ikut Tes Polri Berakhir Diperalat dan Disiakan

Ira Guslina Sufa
26 Januari 2023, 06:10
Richard Eliezer
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Richard Eliezer mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (26/12/2022).

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat Richard Eliezer alias Bharada E mencurahkan perasaannya saat membacakan pembelaan atau pledoi di Pengadilan Negeri Jakarta pada Rabu (25/1). Ia menyebut pengabdian yang diberikan selama ini kepada atasannya yang ia anggap merupakan perwira polisi dihormati sia-sia. 

“Saya yang hanya seorang prajurit rendah berpangkat bharada, yang harus mematuhi perkataan dan perintahnya (Ferdy Sambo), ternyata saya diperalat, dibohongi, dan disia-siakan,” ucap Eliezer dalam Pledoi. 

Advertisement

Tidak hanya merasa dibohongi, Eliezer juga menyebut tak menyangka bahwa mimpinya untuk menjadi perwira polisi justru berakhir dengan tragis. Ia juga kecewa lantaran sikap jujur yang ia tunjukkan justru membuat ia dimusuhi. 

“Begitu hancurnya perasaan saya dan goyahnya mental saya, sangat tidak menyangka akan mengalami peristiwa menyakitkan seperti ini dalam hidup saya,” ujar Eliezer lagi.

Dalam pembelaannya, Eliezer bercerita mengenai perjuangannya menjadi perwira polisi. Ia menceritakan bahwa dirinya telah mengikuti tes untuk menjadi anggota Polri sebanyak empat kali sebelum dinyatakan lulus di Polda Sulawesi Utara. Sebelum menjadi polisi ia sempat menjadi seorang sopir di sebuah hotel di Manado untuk membantu orang tuanya.

Saat lulus menjadi anggota Polri, Eliezer kemudian merasa senang karena dipercaya menjadi sopir Ferdy Sambo. Saat itu ia bekerja pada 30 November 2022 saat Ferdy Sambo telah menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri. 

Halaman:
Reporter: Antara, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement