DPR Panggil Bos Lippo Group Minta Kejelasan Nasib Konsumen Meikarta

Ira Guslina Sufa
26 Januari 2023, 10:27
DPR Panggll Meikarta
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pembangunan tower apartment Meikarta Distrik 1 di Jl. Orange County Boulevard, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/9/2020).

Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi persoalan infrastruktur dan perumahan berencana memanggil Bos Lippo Group untuk mengklarifikasi soal gugatan yang diajukan perusahaan pada 18 konsumen. Pemanggilan dilakukan setelah manajemen Meikarta di bawah PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) di bawah Lippo Group mangkir dari panggilan DPR. 

Sebelumnya pada Rabu (25/1) siang Komisi VI mengagendakan Rapat Dengar Pendapat dengan Manajemen Meikarta. Namun, Direktur MSU yang diundang tak datang memenuhi panggilan DPR. 

“Komisi VI  akan mengundang kembali (manajemen) Meikarta. Undangan kedua, tapi di undangan ini bukan hanya Meikarta yg akan diundang, tapi juga Lippo Group sebagai pemilik Meikarta,” ujar anggota Komisi VI Andre Rosiade, Rabu (25/1). 

Menurut Andre, rencananya DPR akan memanggil bos Meikarta pada  13 Februari 2022. Agenda menyesuaikan dengan kepadatan jadwal sidang yang telah disiapkan DPR. Dalam pertemuan nanti, Komisi VI akan meminta penjelasan kepada Meikarta perihal gugatan yang dilayangkan pada 18 konsumen senilai Rp 56 miliar.

Selain rencana memanggil bos Lippo, politikus Partai Gerindra itu menyebutkan tidak tertutup kemungkinan DPR membentuk Panitia Khusus (Pansus) Meikarta. Pasalnya, ia menilai telah terjadi hal yang tidak tepat terhadap konsumen yang malah dituntut balik oleh pihak pengembang proyek tersebut. Meski begitu, ia mengatakan pansus bukan merupakan kewenangan komisi, melainkan kewenangan antar fraksi.

"Tentu nanti kalau teman-teman kalau mau membuat pansus akan berkomunikasi dengan pimpinan fraksi masing-masing," kata Andre.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...