AHY Umumkan Demokrat Resmi Serahkan Nama Cawapres pada Anies Baswedan

Ade Rosman
27 Januari 2023, 09:50
AHY dukung Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (ketiga kanan) berjabat tangan dengan Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden dari Partai Nasdem Anies Baswedan (kedua kiri) saat akan melakukan pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akhirnya mengumumkan sikap resmi Partai Demokrat dalam mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada pemilihan presiden 2024. Dukungan secara resmi mengukuhkan sikap Demokrat yang selama ini telah membangun komunikasi dengan Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Nasional Demokrat yang telah lebih dulu mendeklarasikan dukungan pada Anies. 

“Sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024. Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan,” ujar AHY dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat (27/1). 

Advertisement

Selain mengumumkan dukungan resmi partai terhadap Anies, AHY juga menegaskan telah menyerahkan pilihan calon wakil presiden kepada Anies Baswedan. AHY mengakui diskusi di antara partai pengusung Anies selama ini mengalami dinamika dalam penentuan nama cawapres lantaran Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi kader utamanya sebagai bakal cawapres. 

“Kami rasional saja. Jangan sampai faktor penentuan Bacawapres ini justru menjadi hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan,” ujar AHY. 

AHY juga menyatakan Demokrat akan mengajak PKS untuk menyerahkan keputusan nama cawapres pada Anies. Penentuan nama cawapres oleh Anies menurut dia akan menunjukkan kesetaraan yang sama dalam koalisi.  Selain itu, menurut AHY, bacapres akan memiliki independensi dalam menentukan pasangannya, tanpa diintervensi oleh pihak manapun. 

“Sehingga pasangan ini akan harmonis dan saling melengkapi ketika kelak mendapatkan amanah untuk menjalankan roda pemerintahan. Bukan ‘kawin paksa’,” ujar AHY.

Kriteria Cawapres Pendamping Anies

Mengenai kriteria bacawapres, AHY menyebut setuju dengan tiga kriteria yang telah disampaikan oleh Anies. Usai deklarasi sebelumnya Anies menyebut tiga kriteria cawapres yang ingin dia pilih. Di antaranya memiliki visi yang sama dan memiliki kontribusi dalam membangun elektabilitas. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement