Partai Pengusung Kumpul di Rumah Anies Hari Ini Bahas Soal Deklarasi

Ade Rosman
27 Januari 2023, 15:26
Koalisi pendukung Anies Baswedan
Instagram/Anies Baswedan
Anies Baswedan (kiri) berbincang dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediaman AHY.

Tim kecil yang merupakan perwakilan dari ketiga partai pengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden siang ini, Jumat (27/1) menggelar pertemuan di kediaman mantan Gubernur DKI Jakarta itu, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Ketiga partai itu adalah Partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat

"[pertemuan] Membahas usulan yang disampaikan Demokrat kemarin dan beberapa isu lainnya," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, Jumat (27/1).

Usulan yang dimaksud Herzaky yaitu pembentukan sekretariat bersama di antara ketiga parpol pendukung Anies. Usulan itu sudah disampaikan secara terbuka oleh Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. 

Selain itu, usulan lain yang disampaikan AHY yaitu penandatanganan nota kesepahaman antara ketiga parpol yang berisi pernyataan deklarasi mendukung Anies capres. Menurut AHY MoU diperlukan untuk memastikan terpenuhinya syarat ambang batas presiden atau presidential threshold.

Lebih jauh, AHY pun menyatakan partainya telah mantap memberikan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang sebelumnya dideklarasikan Nasdem. AHY juga mengatakan jangan sampai penentuan bakal calon wakil presiden menghambat terbentuknya koalisi. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...