Bersiap Deklarasi, KIB Matangkan Bahasan Capres Pekan ini

Ade Rosman
31 Januari 2023, 05:40
KIB Koalisi Indonesia Bersatu
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) berjabat tangan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) dan Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara (kiri) saat Pemantapan Visi dan Misi Koalisi Indonesia Bersatu di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) direncanakan akan melakukan melakukan pertemuan mematangkan calon presiden (capres) yang akan diusung pada kontentasi pilpres 2024. Hingga saat ini KIB baru bersepakat untuk bersama-sama menghadapi pemilu dan pilores 2024. 

Pelaksana tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono mengatakan, pertemuan tersebut diajadwalkan akan dilakukan ketika ketiga pimpinan partai yang tergabung dalam KIB yaitu ia bersama Ketum Golkar Airlangga Hartarto, serta Ketum PAN Zulkifli Hasan berkumpul.

"Mungkin minggu ini. Kemarin Pak Airlangga telepon, begitu Pak Zul sudah pulang, nanti kita bergerak," katanya di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin (30/1).

Mardiono mengatakan, telah dilakukan pematangan mengenai tokoh-tokoh bakal calon yang nantinya kemungkinan akan diusung oleh masing-masing parpol dalam KIB. Lebih jauh, ia mengatakan PPP mendorong tokoh-tokoh nasional untuk tampil ke hadapan publik.

"Kalau tokoh-tokoh itu tidak tampil ke ruang-ruang publik, tidak tampil ke masyarakat, kan masyarakat jadi enggak tahu," kata Mardiono.

Sebagai contoh, ia menyebutkan beberapa tokoh nasional yang hadir dalam rangkaian kegiatan PPP, seperti Menteri BUMN Erick Thohir. PPP juga melihat potensi Menteri Pariwisatan Sandiaga Uno serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Hingga saat ini, di antara tiga partai peserta koalisi baru Golkar yang mendeklarasikan Airlangga sebagai calon presiden. Dua partai lain yaitu PAN dan PPP belum menyatakan dukungan untuk Airlangga. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...