Gerindra Simpan Dokumen Perjanjian Prabowo-Anies Saat Pilkada Jakarta

Ade Rosman
31 Januari 2023, 18:47
Gerindra Prabowo Subianto
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengusap matanya saat menghadiri penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Wisma Atlet Jakabaring, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (27/11/2022).

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membenarkan adanya surat perjanjian politik antara Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno pada saat maju dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta pada 2017 lalu. Keberadaan perjanjian ini sebelumnya diungkap ke publik oleh Sandiaga. 

"Yang pasti, itu memang ditulis oleh Pak Fadli (Fadli Zon), barangnya (surat) sekarang ada di saya," kata Dasco kepada di Kompleks Parlemen, Selasa (31/1).

Dasco mengatakan, meski mengantongi surat perjanjian ketiga tokoh ia tak mau berkomentar banyak soal isi perjanjian politik tersebut. Menurut Dasco perjanjian antar ketiga tokoh bukan untuk konsumsi publik.

"Jadi, kalau ditanya apakah ada perjanjian? Ada. Tetapi isinya apa, ya kami enggak mau buka. Karena itu bukan konsumsi publik. Jadi kalau yang mau bertanya-tanya ya boleh, nanti masuk Gerindra dulu tapi," kata Dasco melempar guyonan. 

Sebelumnya, Ketua Majelis Kehormatan Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan perjanjian yang diklaim Sandiaga tersebut bukan merupakan perjanjian hukum. Perjanjian itu tidak mengikat secara formal pada partai. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...