Airlangga Ungkap Kedatangan Surya Paloh Bahas Posisi Golkar dan Nasdem

Ade Rosman
1 Februari 2023, 12:50
Surya Paloh Golkar
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/tom.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) menyapa sejumlah anggota Partai Golkar di Medan, Jumat (23/12/2022).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh di kantor DPP kawasan Jakarta Barat. Paloh datang bersama sejumlah petinggi Partai Nasdem. 

Saat menyambut kedatangan Paloh, Airlangga memberi penjelasan bahwa pertemuan dengan pimpinan Partai Nasdem itu sebagai silaturahmi. Apalagi sebagian pengurus Nasdem dulunya merupakan pengurus partai beringin. 

Airlangga menyebut mayoritas para pengurus Nasdem sebagai alumni Partai Golkar.  Selain silaturahmi, Menteri Koordinator Ekonomi itu mengatakan agenda yang akan dibicarakan antar pimpinan adalah untuk membangun komunikasi politik.

"Tentu terkait dengan posisi dari Partai Golkar dan Nasdem," ujar Airlangga di kantor DPP Golkar, Rabu (1/1) 

Saat disinggung apakah pertemuan juga akan membahas soal posisi Nasdem sebagai partai pendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, Airlangga tak banyak berkomentar.  Ia pun enggan berkomentar mengenai kabar yang beredar bahwa Presiden Joko Widodo akan mengumumkan reshuffle kabinet hari ini. 

"Hari ini adalah hari Rabu Pon. Rabu Pon ini," katanya.

Istilah Rabu Pon yang disampaikan Airlangga merujuk pada istilah dalam penanggalan kalender jawa. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memang kerap mengumumkan sejumlah isu strategis termasuk reshuffle kabinet pada hari Rabu Pon. 

Dalam progres politik, Golkar tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu, bersama PPP dan PAN. Golkar sendiri belakangan kedatangan kader baru, di antaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta yang terbaru mantan punggawa PSI Rian Ernest.

Di sisi lain, Nasdem kini sedang dalam proses membangun koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan PKS. Kabar teranyar, Demokrat dan PKS sudah menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan, bakal calon presiden yang dideklarasikan NasDem. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...