Bertemu Airlangga, Surya Paloh Buka Peluang Bangun Koalisi dengan KIB

Ade Rosman
1 Februari 2023, 21:33
Surya Paloh
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berjalan menuju presidensial lounge di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh mengatakan hubungan partainya dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bisa saja berlanjut. Surya menyebut tak tertutup kemungkinan akan ada koalisi dengan KIB di masa depan. 

Menurut Paloh terdapat beberapa kemungkinan yang bisa terjadi dalam dinamika politik.  Di masa mendatamg Partai Nasdem bisa saja bergabung ke KIB,  atau sebaliknya. 

"Sama-sama mungkin. Mungkin KIB bergabung dengan NasDem kan. Jadi probability kemungkinan itu masih terbuka," kata Surya Paloh di kantor DPP Partai Golkar, Rabu (1/2). 

Lebih jauh, Surya Paloh mengatakan kunjungannya ke kantor Partai Golkar merupakan bentuk hubungan baik yang selama ini terbangun. Ia bahkan lebih dulu mengunjungi kantor Golkar dibanding kantor Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera.

Saat ini Nasdem dalam proses membangun koalisi bersama PKS dan Demokrat dalam mengusung Anies Baswedan sebagai  calon presiden. Paloh beralasan lebih dahulu mendatangi Golkar karena terdapat romantisme antara dirinya dengan partai berlambang pohon beringin.

"Partai Golkar sudah berusia 43 tahun baru kemudian ada Nasdem kan, jadi terlepas apapun juga kekurangan satu sama lain tapi modal kebersamaan catatan sejarah saling pemahaman enggak salah dibilang alumni Golkar," kata Surya Paloh. 

Menyambut kedatangan Paloh dan jajarannya, Airlangga mengatakan, pertemuan tersebut merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya Golkar telah lebih dulu berkunjung ke kantor Partai Nasdem.

Selain itu, ia juga mengatakan kedatangan Surya Paloh disambut seperti kepulangan ke rumahnya. Airlangga menyebut Paloh sebagai alumni dari partai Golkar.

"Kami sambut, homecoming pulang ke rumah, dan Partai Golkar partai yang terbuka dan tentu tangan kami terbuka juga dengan partai NasDem dan pak Surya Paloh," kata Airlangga. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...