Tiga Kelompok Relawan Bentuk Sekber KIB Dukung Anies Jadi Capres

Ade Rosman
2 Februari 2023, 11:19
Capres Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) menyapa peserta saat Diskusi Kebangsaan Demi Indonesia di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Tiga kelompok relawan pendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden membentuk sekretariat bersama atau sekber yang dinamakan Kuning Ijo Biru atau KIB. Sekber akan menjadi markas tiga kelompok relawan yaitu relawan Go-Anies, relawan Amanat Indonesia, dan Forum Ka’bah Membangun. 

Ketua Umum Kornas Go-Anies, Sirajuddin Abdul Wahab mengatakan Sekber KIB tersebut diluncurkan menjadi posko pemenangan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang. Selain Sirajuddin, kesepakatan juga ditandatangani oleh Ketua Kornas Forum Ka'bah Membangun Habil Marati, serta Ketua Umum Kornas Anies Amanat Indonesia Sahrin Hamid.

"KIB sebagai wadah bersama, setara, dan solid untuk memperjuangkan dan memenangkan Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia," kata Sirajuddin di Jakarta, dikutip dari Antara, Kamis (2/2).

Lebih jauh, Sirajuddin mengatakan sekber tersebut bukanlah bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dijalin Partai Golkar, PAN, dan PPP. Di sisi lain, Koordinator Sekber KIB Habil Marati menyatakan kehadiran sekber merupakan bentuk tuntutan untuk memenangkan Anies.

"Hanya Anies yang bisa mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila di masyarakat," kata Habil.

Selain itu, ia mengatakan, setahun lalu pihaknya mendapatkan informasi adanya upaya menghalangi mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam kontestasi Pilpres 2024. Pembentukan Sekber semakin menggulirkan dukungan setelah Anies mendapatkan tiket maju dalam kontestasi pilpres. 

Anies mengantongi dukungan penuh maju pilpres setelah mendapat dukungan dari Partai Nasional Demokrat, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Pada pemilu 2019 total ketiga partai mengantongi suara sah lebih dari 25% yang menjadi syarat minimal ambang batas partai dan koalisi partai boleh mengajukan calon presiden. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...