Manuver Surya Paloh Perluas Koalisi dengan KIB Untungkan Capres Anies

Ade Rosman
2 Februari 2023, 16:24
Surya Paloh Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Arnas Padda/wsj.
Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem Anies Rasyid Baswedan (kiri) menyampaikan orasi politik saat menghadiri rapat akbar dan kader Partai NasDem di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/12/2022).

Kunjungan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh ke kantor DPP Partai Golkar dinilai memberi dampak cukup besar pada pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden. Peneliti dari Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan selain bersilaturahmi, Paloh bisa saja tengah menyiapkan rencana baru untuk kemenangan Anies. 

Advertisement

“Tujuan lain dari kunjungan itu boleh jadi adalah menjajaki kemungkinan untuk menawarkan posisi cawapres Anies kepada Partai Golkar,” kata Bawono saat dihubungi Kamis (2/2). 

Menurut Bawono, bila Nasdem bersama partai pendukung Anies lainnya yaitu Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera membangun koalisi dengan Golkar maka posisi Anies akan diuntungkan. Hubungan baik dengan Golkar diyakini bisa menarik simpati dari Presiden Joko Widodo sehingga menghilangkan kesan Anies sebagai calon presiden yang berada di pihak kontra dengan pemerintah. 

“Jadi apabila berhasil mengajak Partai Golkar tentu saja akan berdampak besar secara politik,” ujar Bawono. 

Selain itu Bawono mengatakan, apabila Nasdem bisa menggaet Golkar untuk bergabung dengan koalisi maka tidak tertutup kemungkinan  Anies juga akan mendapat dukungan dari anggota Koalisi Indonesia Bersatu lainnya yaitu Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan. Alasannya, Golkar merupakan inisiator sekaligus partai dengan jumlah suara terbesar di KIB.  

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement