Mengintip Kedekatan Anies - Sudirman Said, Kompak Usai Didepak Jokowi

Ira Guslina Sufa
3 Februari 2023, 09:19
Anies Baswedan Capres
Arief Kamaludin|KATADATA
Sudirman Said,

Nama Sudirman Said menjadi salah satu tokoh yang tak bisa lepas dari proses pencalonan Anies Baswedan maju dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Sejak mantan Gubernur DKI Jakarta itu dideklarasikan menjadi capres oleh Partai Nasdem pada 3 Oktober 2023 lalu, sosok Sudirman menjadi lebih sering terlihat bersama tim Anies.

Ia menjadi tokoh kunci di setiap pertemuan antara tim kecil partai pengusung Anies yaitu Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Saat Anies resmi mengantongi restu dari ketiga partai pendukung maju sebagai capres, nama Sudirman Said makin terang sebagai juru bicara dalam tim kecil pemenangan Anies Baswedan pada pilpres 2024. 

Advertisement

Saat para perwakilan partai pengusung berkumpul di rumah Anies Baswedan pada Jumat (27/1) Sudirman kembali memainkan peran. Dalam pertemuan itu Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan dukungan secara langsung kepada Anies setelah dua hari sebelumnya mengumumkan dukungan penuh Demokrat secara tertulis. 

Pada pertemuan itu AHY juga menyampaikan dukungan kepada Anies untuk menentukan sendiri calon wakil presiden pada pilpres. Tiga hari kemudian saat PKS secara resmi mengumumkan dukungan kepada Anies, Sudirman juga tsmpil terbuka di hadapan publik.  

“Ini merupakan perkembangan yang baik untuk pencalonan Anies sebagai capres,” ujar Sudirman. 

Bagaimana sebenarnya kedekatan Anies dan Sudirman Said?

Sebagai tokoh nasional baik Sudirman dan Anies mulanya berfokus pada dua bidang berbeda. Dengan latar belakang sebagai rektor Universitas Paramadina, Anies banyak dikenal di dunia pendidikan. Sedangkan Sudirman Said merupakan tokoh anti korupsi yang pernah membidani lahirnya Masyarakat Transparansi Indonesia dan Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) (2000).

Keduanya mulai bekerja bersama dalam Kabinet Kerja era pemerintahan Joko Widodo Jusuf Kalla pada 2014. Saat itu, Jokowi mempercayakan posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada Sudirman, sedangkan Anies menduduki jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement