Jawaban Prabowo Saat Ditodong Kader Gerindra Siapa Sosok Cawapres

Ade Rosman
6 Februari 2023, 13:51
Prabowo Subianto
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Prabowo Subianto menyapa pendukungnya di Jakarta, Jumat (10/08)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merespons pertanyaan yang diajukan salah seorang kader saat ia tengah memberikan pidato dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-15. Sang kader bertanya mengenai siapa sosok calon wakil presiden yang akan  mendampingi Prabowo dalam kontestasi pemilihan presiden 2024.

"Masih lama, tenang saja, jangankan kalian, saya pun belum tahu siapa cawapresnya," kata Prabowo di Kantor DPP Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (6/2).

Momen saat Prabowo ditodong pertanyaan menjadi perhatian lantaran sang Ketua Umum langsung memberi jawaban di hadapan ratusan kader yang memadati kantor DPP Gerindra. Usai acara, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan yang disampaikan prabowo hanya sebuah candaan yang ditujukan untuk menunjukkan keakraban dengan kader partainya. 

"Jadi Pak Prabowo sedang melakukan joke. Tapi memang sampai sekarang belum diputuskan calon wakil presiden," kata Muzani.

Selain itu, Muzani mengatakan terkait calon presiden di antara koalisi yang dibangun Gerindra dengan PKB pun masih belum ditentukan.Ia mengatakan, PKB pun telah meminta agar bakal calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung koalisi dideklarasikan sebelum bulan Ramadan. 

Meski mengatakan Prabowo menghargai usulan tersebut, namun Muzani menyatakan pihaknya masih melakukan sejumlah persiapan. Gerindra sendiri telah mengumumkan akan mengusung Prabowo sebagai calon presiden sejak Agustus 2022 lalu. Namun untuk bisa mengusung Prabowo, Gerindra harus mendapatkan dukungan dari partai lain agar bisa memenuhi ambang batas presiden sebesar 25 persen suara sah pada pemilu 2019. 

"Tapi tentu saja ini kan ibarat masakan, kita tunggu semuanya bisa matang untuk kita sajikan," kata Muzani.

Prabowo sendiri dalam berbagai kesempatan telah menyatakan kesiapan maju sebagai capres. Pada sambutan dalam HUT ke-15 Partai Gerindra ia mengulang kembali kesanggupan untuk maju dalam pilpres. 

"Saya kira itu kewajiban untuk setiap anak bangsa menawarkan diri untuk berbakti," kata Prabowo. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...