Update Gempa Turki dan Suriah: 3.700 Orang Dilaporkan Meninggal

Ira Guslina Sufa
7 Februari 2023, 06:43
Gempa turki
Katadata
Gempa turki

Gempa besar berkekuatan magnitudo 7,8 yang terjadi di wilayah Turki telah menyebabkan lebih dari 3.700 orang meninggal. Gempa terjadi di Turki dan barat laut Suriah pada Senin (6/2). 

Buruknya cuaca musim dingin menambah penderitaan orang yang terluka dan kehilangan tempat tinggal. Cuaca buruk juga menghambat upaya evakuasi dalam menemukan korban selamat. 

Advertisement

Kekuatan gempa telah meruntuhkan seluruh blok apartemen di kota-kota Turki. Gempa terjadi sebelum matahari terbit dalam cuaca buruk dan diikuti sejumlah gempa susulan pada siang hingga sore hari. 

"Kami terguncang seperti buaian. Kami sembilan di rumah. Dua putra saya masih di reruntuhan, Aku sedang menunggu mereka,” ujar seorang perempuan di Diyarbakir wilayah tenggara Turki seperti dikutip dari Reuters, Selasa (7/2). 

Wanita itu kini masih menunggu nasib keluargnya yag terkurung di reruntuhan sembari merawat lengan yang patah dan memiliki luka di wajahnya.

"Itu seperti kiamat," kata Abdul Salam al-Mahmoud, seorang Suriah di kota utara Atareb. "Dingin sekali dan ada hujan lebat, dan orang-orang perlu diselamatkan."

Berdasarkan catatan lembaga Survei Geologi AS, gempa yang terjadi di Turki dan sebagian Suriah kali ini merupakan yang terbesar di seluruh dunia. Gempa besar sebelumnya terjadi di Atlantik Selatan yang terpencil pada Agustus 2021.

Berdasarkan data Otoritas Manajemen Benca dan Darurat (AFAD) Turki terdapat 2.316 korban meninggal. Gempa menjadi gempa paling mematikan di negara itu sejak gempa dengan kekuatan yang sama pada tahun 1999 menghancurkan wilayah Laut Marmara timur yang berpenduduk padat di dekat Istanbul, menewaskan lebih dari 17.000 orang. .

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement