Relawan Jokowi Bubarkan Ganjar Pranowo Mania, Tarik Dukungan Capres

Ira Guslina Sufa
7 Februari 2023, 16:05
Jokowi Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) didampingi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kanan) menghadiri Road to Hakordia (Hari Antikorupsi Sedunia) di Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/12/2022).

Relawan Jokowi yang tergabung dalam Jokowi Mania akan membubarkan Ganjar Pranowo Mania atau biasa dikenal GP Mania. GP Mania merupakan jaringan relawan yang sebelumnya menyatakan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden 2024 mendatang. 

“Ya kami akan bubarkan dan ini berlaku nasional untuk seluruh GP Mania di berbagai provinsi,” ujar Ketua Umum Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer saat dihubungi, Selasa (7/2). 

Advertisement

Menurut Immanuel, pembubaran Ganjar Pranowo Mania didasarkan atas perkembangan dinamika politik yang terjadi di Tanah Air. Ia memastikan pembubaran GP Mania sekaligus menandai berakhirnya dukungan kepada salah satu kandidat calon presiden.  

“Ya artinya kami tidak lagi mendukung {Ganjar},” ujar Immanuel. 

Meski begitu, ia belum mau mengungkap alasan lengkap di balik pembubaran jaringan Ganjar Pranowo Mania. Menurut Immanuel pengumuman resmi termasuk alasan di balik pembubaran akan disampaikan pada konferensi pers yang digelar Kamis (9/2) mendatang. 

Ia mengklaim perwakilan Ganjar Pranowo Mania dari berbagai daera akan hadir saat konerensi pers. Saat ini setidaknya relawan Ganjar Pranowo Mania sudah ada di 18 provinsi meliputi 6 Provinsi di Pulau Jawa, Papua, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, dan Kalimantan. 

Sebelumnya GP Mania getol menyuarakan agar Ganjar Pranowo diusung menjadi calon presoden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Saat itu dukungan PDIP masih terbelah antara Ganjar dan Puan Maharani. Namun belakangan, PDIP sudah menyerahkan sepenuhnya keputusan capres pada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement