Sandiaga Ikhlaskan Utang Rp 50 Miliar, Anies Baswedan Anggap Selesai

Ade Rosman
7 Februari 2023, 18:34
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno di DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/11).

Perjalanan Anies Baswedan saat maju di pemilihan kepala daerah atau Pilkada DKI Jakarta pada 2017 kembali mendapat sorotan. Saat itu Anies berpasangan dengan Sandiaga Uno maju diusung oleh Partai Gerindra. Salah satu isu yang mengemuka adalah adanya perjanjian utang piutang antara Anies dan Sandiaga.  

Ihwal perjanjian utang piutang itu terungkap dari diskusi  Wakil Ketua Umum Partai Golkar Erwin Aksa dengan Akbar Faizal di channel Youtube @AkbarfaizalUncensored yang diunggah Sabtu (4/2). Dalam wawancara berdurasi sekitar 56 menit itu Erwin sempat menyinggung adanya perjanjian utang piutang senilai Rp 50 miliar antara Anies dan Sandiaga.

Menanggapi pernyataan Erwin, Sandiaga Uno membenarkan adanya perjanjian itu. Namun, ia mengatakan tak lagi mempersoalkan perjanjian antara dirinya dengan Anies yang kini bersiap bertarung dalam pilpres.  Pernyataan itu disampaikan Sandiaga di sela peringatan hari lahir 1 Abad NU di Sidoarjo Jawa Timur, Selasa (7/2). 

Menurut Sandiaga keputusan untuk mengikhlaskan perjanjian utang senilai Rp 50 miliar itu ia ambil setelah berdiskusi dengan keluarga dan berserah pada Tuhan. Selain itu Sandiaga menyebutkan saat ini ia akan lebih memilih fokus menatap masa depan.

Anies Baswedan juga telah menganggap persoalan perjanjian utang piutang dengan Sandiaga sudah tidak berlaku. Pernyataan itu disampaikan Anies melalui Hendri Satrio dalam konferensi pers di kawasan Cikini Jakarta Pusat, Selasa (7/2). 

"Saat ini, perjanjian tersebut sudah selesai. Jadi, bukan lunas bahasanya atau diikhlaskan, tetapi selesai,” ujar Hendri. 

Menurut Hendri perjanjian dianggap selesai lantaran dalam kesepakatan disebutkan Anies harus mengembalikan uang Rp 50 miliar apabila kalah di Pilkada DKI Jakarta. Apabila Anies dan Sandiaga menang dalam pilkada maka perjanjian dianggap selesai. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...