Survei: Tiga Partai Kuasai Pemilu 2024, PDIP Berpeluang Cetak Hattrick

Ade Rosman
8 Februari 2023, 11:14
Pemilu 2024
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari bersama Komisioner KPU dan Pimpinan Partai Politik berfoto saat Rapat Pleno penetapan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024 di Halaman KPU, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Survei terbaru yang digelar Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan tiga partai politik bertengger di posisi teratas dengan perolehan suara di atas 10 persen. Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan ketiga partai adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). 

Berdasarkan survei nasional LSI Denny JA, per Januari 2023 ketiga partai tersebut dikategorikan sebagai partai besar. PDIP memiliki dukungan sebesar 22.7%, dan Partai Golkar 13.8%. Sedangkan Partai Gerindra bertengger di posisi ketiga dengan perolehan 11.2% suara.

“Setahun sebelum pelaksanaan pemilu 2024, hanya tiga partai yang perolehan dukungannya diatas 10%," kata Ardian dalam paparan survei yang dikutip Rabu (8/2).

Ardian berpandangan pertarungan politik pada pemilu 2024 mendatang akan berbeda dari pemilu sebelumnya. Alasannya, pelaksanaan pemilu akan berbarengan dengan pelaksanaan pemilihan presiden atau pilpres. Karena itu ia menilai elektabilitas partai juga akan dipengaruhi oleh sosok pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung. 

Lebih jauh ia mengatakan survei juga menunjukkan potensi PDIP memenangkan pemilu untuk ketiga kalinya secara beruntun. Sebelumnya PDIP merupakan partai pemenang pada pemilu 2014 dan 2019. Selain itu, ia berpendapat, Golkar dan Gerindra bisa saja mengalahkan PDIP, jika capres yang diusung nanti lebih populer ketimbang capres PDIP.

"Dengan model pemilihan umum serentak, Pilpres dan Pileg sekaligus, beruntunglah partai yang memiliki capres sangat populer, yang dapat mendongkrak dukungan atas partai itu," ujar Ardian.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...