Survei: Tiga Sektor Sumbang Rapor Merah Pemerintahan Jokowi

Ade Rosman
8 Februari 2023, 12:20
Survei kinerja Jokowi
Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi berbelanja di salah satu toko di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka (Kokas) Jakarta pada Kamis (12/1/2023)

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai terdapat tiga rapor merah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa menjelaskan hasil itu disimpulkan berdasarkan tanggapan responden dalam survei yang digelar 4-15 Januari 2023 lalu.

Advertisement

"Rapor merah jika yang puas lebih sedikit dibandingkan yang tak puas," kata Ardian dalam paparan survei seperti dikutip Rabu (8/2). 

Menurut ardian tidak sektor yang mendapat rapor merah adalah persoalan kesejahteraan petani, buruh dan nelayan; pengurangan kemiskinan; dan pembukaan lapangan kerja baru. 

Pada indikator kesejahteraan petani, buruh dan nelayan kinerja pemerintahan Jokowi mendapat suara 51,4 persen tidak puas. Capaian ini berbeda selisih 8,8% dengan yang menanggapi puas terkait peningkatan kesejahteraan. Selanjutnya di bidang mengurangi kemiskinan, sebanyak 56,5% responden beranggapan Jokowi gagal mengatasi permasalahan. 

Pada indikator membuka lapangan kerja baru, sebanyak 59,5% responden mengaku tidak puas dengan kinerja Jokowi. Hanya 38,3% responden yang menyatakan puas dengan kinerja Jokowi dalam ketersediaan lapangan kerja. 

Di sisi lain, Ardian mengatakan, pada survei tersebut juga menunjukkan beberapa kinerja Jokowi yang mendapatkan hasil positif, atau rapor biru, yang dalam survei tersebut berjumlah delapan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement