BMKG Ramal Hujan Diikuti Petir di Jakarta dan Sejumlah Kota Hari Ini

Ira Guslina Sufa
9 Februari 2023, 08:02
BMKG prakiraan cuaca
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Pengendara melintasi jalan yang tergenang saat hujan di Jalan Raya Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/11/2022).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Kamis. Menurut informasi yang disiarkan oleh BMKG, hujan lebat dengan curah hujan lebih dari 50 milimeter per hari berpeluang terjadi. 

Beberapa daerah yang berpotensi diguyur hujan lebat adalah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Hujan lebat juga bisa terjadi di bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan. 

Sejumlah daerah di Sulawesi juga berpotensi diguyur hujan lebat seperti, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan. Begitu pula dengan daerah Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua yang juga berpotensi hujan lebat.

Hujan yang dapat disertai petir berpotensi terjadi di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Hal serupa juga berpeluang terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Sementara itu, angin kencang berpeluang meliputi bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua.

BMKG juga menyatakan bahwa wilayah Provinsi Jawa Timur statusnya siaga menghadapi dampak angin kencang. Menurut peringatan dini BMKG, bagian wilayah Provinsi Aceh, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku statusnya siaga menghadapi potensi banjir.

Hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir berpotensi menimbulkan banjir di bagian wilayah Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait