Ganjar Kembali Pamer Rambut Putih di Medsos, Ungkit Kans Maju Pilpres?

Andi M. Arief
11 Februari 2023, 08:15
Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) berswafoto dengan rekannya usai pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengundang riuh warganet usai mengunggah foto duduk santai dan bercengkrama bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Foto itu ramai karena Ganjar menulis soal rambut putih dirinya dan Basuki yang biasa disapa Pak Bas dalam keterangan foto. 

"Saya dan Pak Bas lagi berpikir keras mencari nama komunitas rambut putih nasional. Tolong bantu usulan nama dan singkatan yang keren dong," tulis Ganjar dalam akun pribadi Instagramnya, Kamis (9/2). 

Advertisement

Unggahan Ganjar mendapat komen yang beragam dari pengguna instagram.  Beragam nama ditulis di sana di antaranya Komunitas Rapuh alias Rambut Putih, Komunitas Rambut Putih Pekerja Keras Nasional, dan ada juga yang menyebut Kepala Penuh Ubah atau KPU. 

Selain komentar soal nama, tak sedikit pula yang mengait-ngaitkan unggahan Ganjar dengan kontestasi pemilu 2024. Alasannya, Presiden Joko Widodo pernah menyebut bahwa penggantinya nanti adalah yang berambut putih. Saat berpidato di hadapan relawan pada Sabtu (26/11) Jokowi menyebutkan empat nama yaitu Ganjar, Pak Bas, Hatta Rajasa dan Prabowo Subianto.

Dalam pidatonya Jokowi mengingatkan kepada para relawan untuk berhati-hati dalam memilih calon pemimpin. Meski begitu, Jokowi berkilah saat ditanya apakah pernyataannya itu berkaitan dengan dukungan terhadap salah satu tokoh menjadi calon presiden. 

"Kalau wajah cling bersih dan tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati," kata Jokowi di Gelora Bung Karno saat itu. 

Makna Unggahan Ganjar

Unggahan Ganjar bersama Pak Bas yang memamerkan rambut putih mendapat reaksi beragam. Apalagi sebelumnya Ganjar yang merupakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu digadang menjadi calon presiden potensial.  Ganjar pun sudah pernah mengunggah foto berambut putih tak lama setelah Jokowi berpidato.

Ganjar menempati urutan teratas dalam survei yang dilakukan sejumlah lembaga. Sedangkan Pak Bas disebut-sebut menjadi salah satu tokoh yang diperhitungan PDIP diusung menjadi cawapres. Survei terbaru yang dirilis LSI pada 7-11 Januari 2023 Ganjar menjadi calon presiden teratas. 

PDIP dalam berbagai kesempatan memastikan akan mengusung kader sendiri sebagai calon presiden. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat memberi sambutan pada diskusi di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jumat (3/2) bahkan sempat memberi sinyal bahwa partainya berharap bisa mengusung pasangan capres dan cawapres.

Peneliti Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional Wasisto Raharjo Jati mengatakan foto tersebut adalah bentuk gurauan ganjar terkait pernyataan Presiden Joko Widodo akhir 2022. Jati menilai publikasi foto tersebut di media sosial adalah usaha Ganjar dalam menurunkan tensi politik saat ini memasuki tahun politik. Menurutnya, Jokowi tidak mengartikan rambut putih tersebut sebagai arti literal, namun secara harfiah.

"Rambut putih yang disampaikan Pak Jokowi lebih pada bekerja keras dan mampu menyamakan visinya dengan pemerintahan sekarang," kata Jati kepada Katadata, Jumat (10/2).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement