Kartu Prakerja Jangkau 16,4 Juta Penerima Manfaat, Jadi Rujukan Dunia

Ira Guslina Sufa
11 Februari 2023, 13:38
Kartu Prakerja
Katadata/Desy Setyowati
Menko Airlangga dalam acara UN CSocD61 Side Event: Kartu Prakerja Program – Indonesia yang digelar secara online, Jumat malam (10/2/2023).

Pelaksanaan program Kartu Prakerja  mendapat pengakuan internasional atas keberhasilannya memanfaatkan teknologi digital. Dalam kurun kurang tiga tahun sejak pertama kali diterapkan, Kartu Prakerja telah memberi manfaat kepada 16,4 juta orang di seluruh Indonesia. 

Direktur UNESCO Institute for Lifelong Learning David Atchoarena mengatakan Prakerja sebagai game changer, atau pembawa perubahan besar, dalam upaya meningkatkan pembelajaran bagi orang dewasa di luar pendidikan formal. Pernyataan itu ia sampaikan dalam acara pendukung Sidang ke-61 Komisi Pembangunan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN CSocD-61 PBB) yang digelar di New York, Amerika Serikat, Jumat (10/2). 

Advertisement

“Ini sekaligus membangun jembatan antara pendidikan formal dan informal. Teknologi menjadi ‘game changer’ terutama dalam memberikan tempat bagi platform digital untuk pengembangan keterampilan angkatan kerja (upskilling dan reskilling),” kata David dalam webinar publik bertajuk Bringing 16.4 Million People Closer to Full and Productive Employment and Decent Work Using Digital Technology.

Lebih jauh ia mengatakan, pengalaman Kartu Prakerja patut ditiru negara-negara lain. David menilai, program yang telah dilakukan melalui Prakerja memberi kesempatan pembelajaran seumur hidup kepada penerima manfaat.

“Tujuan pembelajaran sepanjang hayat, antara lain bertujuan untuk menekan ketidakadilan gender dan ketimpangan ekonomi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Airlangga Hartarto mengatakan Prakerja merupakan misi kemanusiaan dengan pemberdayaan yang melibatkan pendidikan, ketenagakerjaan, dan kewirausahaan. Hasilnya, sejak tahun 2020 hingga 2022, lebih dari 16,4 juta orang dari seluruh wilayah dan kota di Indonesia telah mengikuti program ini. 

“Sebanyak 51% dari penerima manfaat adalah perempuan dan 3% adalah penyandang disabilitas. Dari mereka yang menganggur, sepertiga kini bekerja, baik sebagai pemilik usaha kecil maupun sebagai karyawan,” kata Airlangga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement