Toko Online di Shopee, Lazada, Blibli Masih Terpantau Jual Minyakita

Ira Guslina Sufa
11 Februari 2023, 12:24
Minyakita minyak goreng curah rakyat
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/tom.
Pedagang menata minyak goreng MinyaKita kemasan botol satu liter di Pamulang, Tangerang, Selatan, Banten, Rabu (8/2/2023).

Beberapa pedagang di platform toko online masih ditemukan menjual minyak goreng rakyat kemasan Minyakita. Padahal Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan larangan penjualan minyak goreng rakyat secara online. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, hingga Sabtu (11/2) pukul 11.45 di toko online Shopee Minyakita kemasan 1 liter dijual Rp 14.000 per liter. Demikian juga di toko online Blibli.com Minyakita keluaran Sinarmas dijual Rp 14.000 hingga Rp18.500 per liter. 

Di toko online Lazada, ditemukan adanya penjual online yang menjual minyak goreng curah dengan harga Rp 19.000. Meski menulis merek minyak goreng yang dijual sebagai Minyak KU, namun si penjual memamerkan produk Minyakita dalam tiga halaman gambar. 

Para pengelola platform e-commerce sebenarnya sudah membikin kebijakan tegas. Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menyatakan perusahaan aktif memantau produk setiap hari. Shopee pun menurunkan produk MinyaKita dari platform.

“Kami tidak menoleransi segala bentuk penjualan barang yang melanggar peraturan pada platform kami,” kata Radynal, Rabu (8/2). 

Katadata.co.id sudah mengkonfirmasi ulang update terbaru tentang masih adanya pedagang online di platform shopee yang menjual Minyakita namun belum mendapat respons. Konfirmasi yang sama juga sudah dilayangkan pada manajemen Lazada dan Blibli. 

Sebelumnya Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kasan mengatakan penjualan minyak goreng rakyat baik curah maupun kemasan Minyakita difokuskan ke pasar rakyat. Kasan menyebut penghentian penjualan online berlaku sementara untuk memastikan pasokan dan harga minyak goreng curah rakyat terkendali jelang ramadan dan lebaran tahun ini.

“Agar terjadi pemerataan untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah sehingga dapat membeli minyak goreng rakyat dengan mudah dan harga terjangkau,” ujar Kasan dalam keterangan resmi yang dikutip Sabtu (11/2). 

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...