Survei Unisri: 96% Warga Solo Puas Kepemimpinan Gibran Rakabuming

Ira Guslina Sufa
15 Februari 2023, 12:08
Survei kepuasan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
ANTARA FOTO/Maulana Surya/YU
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) memberi makan satwa gajah koleksi Solo Safari saat pembukaan perdana wisata setempat di Solo, Jawa Tengah, Jumat (27/1/2023).

Survei terbaru yang dirilis Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menunjukkan sebanyak 96% warga Solo puas dengan kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. Ketua Program Studi Magister Administrasi Publik Unisri Suwardi mengatakan survei melibatkan 560 responden untuk melihat kepemimpinan Gibran di tahun kedua. .

"Jumlah skor 1.709 dengan angka rerata IKM 3.057 kategori memuaskan," kata Suwardi dalam rilis survei yang dikutip dari Antara, Rabu (15/2). 

Menurut Suwardi, tingkat kepuasan terhadap Gibran ini naik 2 persen dibanding penilaian responden pada tahun pertama kepemimpinan Gibran. Selain itu jumlah responden tahun ini juga bertambah 10 orang dibanding survei sebelumnya sebagai dampak pemekaran jumlah kelurahan di Kota Solo.

Suwardi menjelaskan terdapat tujuh aspek yang menjadi penilaian dalam mengukur kinerja pemerintahan Gibran. Aspek itu di antaranya kualitas pelayanan aparatur pemkot di kantor kelurahan, kecamatan, dan balai kota, pengelolaan isu keamanan, pengaturan lalu lintas, dan pengaturan pedagang kaki lima.

Selain itu juga ada penilaian respons pemerintah Kota Solo atas persoalan warga. Gibran juga dinilai dari segi keberpihakan pada keluarga prasejahtera, dan kebijakan pemerintah kota untuk mendorong perekonomian melalui pembangunan infrastruktur perkotaan. 

“Penilaian lain berkaitan dengan penyelenggaraan berbagai perhelatan skala internasional, nasional, maupun lokal,” ujar Suwardi. 

Angka 96% tingkat kepuasan menurut Suwardi menunjukkan masyarakat puas atas kinerja Gibran. Adapun survei menggunakan cuplikan random sampling. Setiap titik diambil sampel sepuluh secara acak dengan menggunakan data daftar pemilih tetap atau DPT pada 2020.

Ia mengatakan wawancara pada responden berlangsung selama 10 hari, mulai 1 hingga 10 Februari 2023 oleh delapan pencacah dan profesional. Adapun distribusi sampel atau responden cukup merata berdasarkan kategori gender, kelompok usia, tingkat pendidikan, sosial ekonomi rumah tangga, dan pekerjaan.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...