Saat Cak Investment Club Wadahi Gen Z Bicara Investasi, Penuh Kejutan

 Zahwa Madjid
18 Februari 2023, 22:27
Investasi pasar modal
Istimewa
Cak investment competition

Berinvestasi dalam pasar modal kian digandrungi masyarakat. Bahkan para anak muda yang masih berusia remaja semakin melek akan investasi saham.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 3 November 2022, jumlah investor pasar modal telah menembus angka 10 jutaan. Jumlah itu mengacu pada Single Investor Identification dengan komposisi jumlah investor lokal 99,78%. 

Dari kelompok usia, investor muda yang berusia kurang dari 30 tahun terus mendominasi pasar modal dengan proporsi 59,08%. Kelompok usia ini memiliki total aset Rp 53,38 triliun.

Hal tersebut juga tercermin dari antusias generasi muda dalam mengikuti perlombaan riset dan komedi ekonomi yang diselenggarakan oleh komunitas investasi Cak Investment Club. Terdapat 10 kelompok  peserta dari usia 17-21 tahun yang mengikuti perlombaan tersebut. 

Salah satu juri, Maula Adini Putri yang merupakan Financial Advisor Investly pun mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka para peserta dapat  menyampaikan presentasi dengan sangat baik. Adapun topik presentasi yang dipilih mulai dari ekonomi makro, rencana bisnis, hingga analisis emiten-emiten saham.

“Dari presentasi mereka dan dari pengalaman mereka yang baru kuliah dengan materi seperti itu berbobot banget. Pasar modal berarti sudah berkembang banget tidak cuman dari orang kantoran bahkan mahasiswanya itu keren banget bisa bikin analisis,” kata Maula, Sabtu (18/2). 

Tak hanya itu, Maula juga mengatakan para peserta bisa menyampaikan presentasi secara detail. Bahkan peserta yang berasal dari generasi muda itu dinilai mampu menyampaikan metode dan pemilihan emiten yang digunakan sebagai bahan presentasi.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...