Revitalisasi BUMN Dinilai Dongkrak Ekonomi Indonesia, Ini Pemicunya

Ira Guslina Sufa
18 Februari 2023, 17:43
BUMN
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nym.
Sejumlah peserta mengikuti pelatihan memotret produk UMKM dengan gawai di Rumah BUMN Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/2/2023).

Riset terbaru yang dikeluarkan DBS Group Research memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bergerak positif di atas 5% sepanjang 2023. Ekonom senior DBS Radhika Rao mengatakan salah satu pendorong membaiknya pertumbuhan ekonomi adalah revitalisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tengah dilakukan pemerintah. 

“Perusahaan milik negara telah berada di barisan terdepan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia yang fokus pada revitalisasi dan merampingkan entitas,” ujar Radhika dalam riset DBS yang dikutip Sabtu (18/2).

Menurut Radhika saat ini kontribusi BUMN terhadap perekonomian Indonesia cukup besar, yaitu mencapai Rp 371 triliun atau setara 18% anggaran 2021 yang bersumber dari pajak, dividen, dan penerimaan bukan pajak. Selain itu, dia menyebut total aset seluruh BUMN pada 2021 setara dengan setengah GDP Indonesia atau sekitar IDR 9.000 triliun.

DBS Group Research menilai beberapa terobosan penting dengan mengubah beberapa entitas BUMN, perampingan dan pembentukan holding company. Saat ini terdapat 12 kelompok usaha dengan beberapa perusahaan induk di bidang energi, pertambangan, ultra mikro, perkebunan, farmasi, dan sektor pasokan makanan.

“Dipimpin Kementerian BUMN, sejumlah transformasi telah dilakukan terhadap sejumlah entitas BUMN termasuk membentuk perusahaan holding dan adanya inisiatif restrukturisasi,” ujar Radhika. 

Beberapa terobosan lain yang dilakukan pemerintah adalah dengan mendorong investasi di pabrik baterai EV dengan membentuk Perusahaan Baterai Indonesia (IBC),  Pabrik baterai EV ini melibatkan konsorsium BUMN yang tergabung dalam perusahaan induk pertambangan Indonesia MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk yang bergerak di pertambangan nikel dan emas, perusahaan minyak dan gas Pertamina, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...