Surya Paloh Akui AHY Pantas Jadi Cawapres Pendamping Capres Anies

Ade Rosman
22 Februari 2023, 17:14
Surya Paloh temui AHY
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) memberikan keterangan pers usai melaksanakan pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (22/02/2023).

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh mengakui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY cocok menjadi calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan pada kontestasi pemilihan presiden 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Surya Paloh usai 3 jam bertemu AHY di kantor Demokrat, Rabu (22/2). 

"Kalau ditanya pantas? Sekali lagi saya katakan, (AHY) lebih dari pantas. Kalau tanya pendapat saya, jangankan Mas AHY, saya juga cocok," kata Surya Paloh kepada awak media yang menunggu. 

Advertisement

Kendati demikian, Paloh mengatakan penentuan calon wakil presiden tak selesai hanya pada persoalan pantas dan cocok saja. Ia mengatakan penentuan cawapres telah diserahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden. Sebagai partai pengusung Anies ia mengatakan hanya akan melihat proses yang bergulir. 

"Keputusan akhir ada di tangan capres, dari awal saya katakan, mengenai masalah pasangan cawapres serahkan kepada capres," kata Surya Paloh.

Pada kesempatan yang sama, AHY yang mendampingi Paloh menegaskan dukungan partai Demokrat terhadap Anies untuk maju sebagai capres. Sikap ini sebelumnya telah disampaikan oleh AHY secara terbuka pada 23 Januari lalu. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement