4 Poin Pertemuan Surya Paloh - AHY, Apa Kabar Deklarasi Koalisi Anies?

Ade Rosman
22 Februari 2023, 18:58
Surya Paloh
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) berjabat tangan usai memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (22/02/2023).

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di markas Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (22/2). Pada pertemuan yang berlangsung hampir tiga jam tersebut, kedua tokoh ditemani para petinggi dari masing-masing partai.

"Hari ini sungguh spesial karena tadi kami telah melakukan silaturahim dan diskusi mengenai isu kebangsaan," kata AHY saat konferensi pers usai pertemuan.

Pada kesempatan tersebut, AHY menyatakan komunikasi di antara tiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan semakin baik. Tiga partai adalah Partai Demokrat, Nasdem, dan Partai Keadilan Sejahtera.

"Selalu ada kemajuan dan progresif," kata AHY.

Menurut AHY saat ini ketiga partai sudah satu pandangan untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Namun, ketiga partai masih menentukan waktu deklarasi bersama dukungan untuk Anies. Meski belum menentukan waktu, AHY dan Surya Paloh sependapat koalisi pendukung Anies sebagai capres  semakin kompak. 

Apa saja yang dibahas oleh kedua pimpinan partai pendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden dalam pertemuan itu? Berikut rinciannya.

Demokrat Pertegas Dukungan untuk Anies Baswedan

Usai pertemuan, AHY menegaskan dukungan partai Demokrat terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden bukan untuk cek ombak semata. Ia menyatakan dukungan yang disampaikan partai merupakan komitmen politik. 

"Sudah jelas bahwa sikap dan posisi pokitik Demokrat yang kami sampaikan pada 23 Januari 2023 lalu itu resmi," kata AHY.

Ia mengklaim, keputusan tersebut merupakan hasil konsultasi dirinya dengan Majelis Tinggi Partai Demokrat. Dukungan pada Anies juga mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak internal partai dari tingkat daerah hingga pusat.

"Kami sepakat bahwa untuk mengusung perubahan dan perbaikan kita juga harus bisa memberikan ruang kepada saudara Anies menjadi bacapres yang juga diyakini bisa membawa representasi gerakan perubahan," kata AHY.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...