PKS Buka Peluang Duetkan Lagi Anies dan Sandiaga di Pilpres 2024

Ira Guslina Sufa
23 Februari 2023, 10:14
Anies Baswedan Sandiaga Uno
ANTARA FOTO/Dedi Wijaya
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat kampanye di Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di Jakarta, Rabu (19/4).

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Iqbal menyatakan Sandiaga Uno berpeluang diusung sebagai bakal calon wakil presiden atau cawapres mendampingi Anies Baswedan pada pemilihan Presiden 2024 mendatang. Sebelumnya Anies dan Sandiaga pernah berduet memenangkan pemilihan kepala daerah atau Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu. 

"Saat ini, PKS belum menentukan cawapres, artinya Sandi masih berpeluang untuk bisa diusung PKS. Siapa saja berpeluang, termasuk Sandi, apalagi punya survei yang tinggi dan pernah menang bersama Anies," kata Iqbal seperti dikutip dari Antara, Kamis (23/2). 

Hal itu disampaikan Iqbal menanggapi hasil survei Voxpol Center Research and Consulting yang menyatakan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berpotensi diduetkan untuk Pemilu 2024. Menurut Iqbal Sandiaga merupakan tokoh yang memiliki kedekatan dengan PKS. Dia menyebut bukan tidak mungkin Anies dan Sandi akan mengulang sukses meraih kemenangan seperti di DKI Jakarta. 

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berpotensi diduetkan untuk Pemilu 2024. Kemenangan pada Pilkada DKI di 2017 menurut dia merupakan buah dari metode kampanye efektif yang dijalankan kedua tokoh. 

“Program pro rakyat, dukungan yang luas dari masyarakat dan berhasil menyentuh kalangan milenial untuk berperan aktif dalam politik melalui penggunaan teknologi dan media sosial," kata Pangi dalam keterangan tertulis.

Sosok Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno menempati peringkat pertama dalam simulasi Capres-Cawapres Pilpres 2024 versi Voxpol Center Research and Consulting. Pasangan Anies-Sandi meraih elektabilitas tertinggi dengan perolehan elektabilitas sebesar 33,8 persen.

Keduanya unggul dibandingkan pasangan Ganjar-Erick Thohir dengan elektabilitas sebesar 30,7 persen. Di urutan ketiga ada pasangan Prabowo-Khofifah dengan elektabilitas 25,9 persen.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...