PKS Resmi Deklarasikan Anies Sebagai Capres, Ini 3 Pertimbangan Partai

Ade Rosman
23 Februari 2023, 17:35
PKS deklarasi Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kiri) menyematkan peci kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kanan) sebagai tanda dukungan sebagai bakal calon presiden 2024-2029 usai pembacaan hasil keputusan Musyawarah Majelis Syuro VIII PKS di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024. Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan ada tiga parameter yang membuat partainya putuskan beri dukungan pada Anies.

"Kami memandang bahwa ada tiga parameter yang menjadi guidance itu dimiliki oleh bapak Anies Rasyid Baswedan," kata Syaikhu saat membacakan hasil Musyawarah Majelis Syura (MMS) VIII, di Kantor DPP PKS, TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (23/2).

Menurut Syaikhu deklarasi dukungan untuk Anies merupakan hasil musyawarah Majelis Syura PKS. Alasan pertama, Anies dianggap sebagai tokoh yang memiliki karakter nasionalis religius. Apalagi kakek Anies merupakan sosok pahlawan nasional.

"Jadi kami yakin mudah-mudahan darah biru dari kakek beliau ini sebagai pejuang yang alhamdulillah mendapat gelar pahlawan nasional akan menurun diwarisi oleh saudara Anies Rasyid Baswedan," kata Syaikhu.

Selanjutnya Syaikhu mengatakan, poin kedua yang dimiliki Anies yaitu mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dinilai sebagai sosok yang bisa memadukan nilai-nilai nasionalisme dengan religiusitas. Syaikhu menilai Anies dapat memadukan kedua hal tersebut secara utuh dan tak terpisahkan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...