Anies Resmi Terima Dukungan PKS, Lanjut Tentukan Figur Cawapres

Ade Rosman
23 Februari 2023, 20:31
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kedua kiri) berjabat tangan dengan pendukungnya saat berjalan menuju DPP PKS untuk mengikuti pembacaan hasil keputusan Musyawarah Majelis Syuro VIII PKS di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima dukungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai Bakal Calon Presiden (bacapres) pada Pilpres 2024. Ia menyebut dukungan yang diberikan PKS sebagai amanat besar dan akan diemban dengan teguh untuk membawa perubahan. 

"Hari ini izinkan dengan kerendahan hati dan dengan mengharap ridho dan pertolongan dari Allah SWT kami merasa sangat terhormat untuk secara resmi menerima pencalonan sebagai calon presiden RI tahun 2024-2029 dari PKS," kata Anies di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (23/2). 

Advertisement

Dukungan dari PKS melengkapi dukungan resmi yang telah diterima Anies dari Partai Nasional Demokrat dan Partai Demokrat. Anies pun mengantongi tiket bulat untuk bisa melenggang di Pemilihan Presiden 2024. 

"Bismillah perjalanan ini Insyaallah menjadi perjalanan yang mendapat ridho dari Allah," ucap Anies

Anies mengapresiasi pula perjalanan PKS yang disebutnya tak mudah hingga akhirnya dapat secara resmi menetapkan dirinya sebagai bakal calon presiden 2024. Ia menyebut banyak cobaan yang telah dilalui PKS. 

“PKS melewati jalan perjuangan yang tidak mudah. Banyak rayuan, banyak tekanan, dan juga mungkin ada ancaman. Tapi PKS tetap berpegang teguh kepada prinsip bahwa ini adalah perjuangan untuk kemajuan bangsa, untuk perbaikan," tutur Anies.

Ia pun menjelaskan bahwa kebersamaan dengan PKS bukanlah sesuatu yang baru. Ia bercerita bahwa pada 2016 lalu ia pernah mendapatkan amanat pula dari PKS dalam pencalonannya sebagai calon gubernur pada Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu.

Menurut Anies kebersamaan dengan PKS sudah mengakar kuat. Setelah mengantarkan kemenangan dirinya pada Pilgub DKI Jakarta 2017, Anies menyebut PKS turut mendampingi, mendukung, dan mengawal perjuangan kepemimpinannya selama lima tahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari 2017-2022.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement