Anies Singgung Kepastian Hukum dan Rasa Aman Saat Pidato Rakernas PKS

Ade Rosman
24 Februari 2023, 20:11
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.
Bakal Calon Presiden 2024-2029 yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anies Baswedan memberikan sambutan dalam Rakernas PKS 2023 di Jakarta, Jumat (24/2/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung pentingnya kepastian hukum dan rasa aman.  Saat berpidato dalam rapat kerja nasional Partai Keadilan Sejahtera Anies yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, ia menyebut dua hal itu menjadi hal yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

"Rakyat menginginkan mendapatkan ruang yang setara, hak-hak negara yang terjamin, warga negara terjamin. Sehingga kepastian hukum dan rasa aman bisa terwujud," kata Anies, Jumat (24/2).

Selain itu, Anies mengatakan masyarakat ingin mendapatkan kesejahteraan yang merata bagi semua, bukan hanya sebagian lapisan saja. Selain itu ia menyebut masyarakat juga mendambakan kehidupan yang rukun. Meski begitu Anies tak menjelaskan apakah situasi saat ini sudah memenuhi rasa aman yang dia maksud.

Sehari sebelumnya, PKS menyatakan dukungannya terhadap Anies sebagai bakal calon presiden pada pilpres 2024, menyusul dua parpol lain yang sebelumnya telah menyatakan dukungan lebih dahulu yaitu NasDem sebagai pengusung dan Demokrat. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan partainya menilai Anies sebagai tokoh yang memiliki karakter nasionalis-religius. Bahkan, tambah Syaikhu, kakek Anies merupakan sosok pahlawan nasional.

"Jadi kami yakin mudah-mudahan darah biru dari kakek beliau ini sebagai pejuang yang alhamdulillah mendapat gelar pahlawan nasional akan menurun diwarisi oleh saudara Anies Rasyid Baswedan," kata Syaikhu di Kantor DPP PKS, Kamis (23/2).

Ia pun mengatakan selain memiliki integritas dan kapasitas, Anies juga dinilai memiliki peluang menang yang besar dalam kontestasi pilpres 2024. 

Usai dideklarasikan secara resmi sebagai capres, Anies hari ini hadir di Rakernas PKS. Ia dinobatkan untuk memberi pidato dan menyampaikan gagasan kebangsaan di hadapan kader PKS yang berkumpul.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...