Tinggalkan Lapas Salemba Eliezer Kembali ke Rutan Bareskrim, Ada Apa?

Ira Guslina Sufa
28 Februari 2023, 08:55
Richard Eliezer
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.
Terpidana kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Richard Eliezer alias Bharada E

Richard Eliezer Pudihang Lumiu, terpidana kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat kembali dipindahkan ke rumah tahanan Bareskrim Polri. Pemindahan dilakukan atas rekomendasi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban atau LPSK tak berselang satu hari setelah Eliezer ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Salemba Jakarta Pusat, Senin (27/2).

Wakil Ketua LPSK Susilaningtias mengatakan LPSK punya alasan kuat di balik rekomendasi pemindahan itu. Menurut dia Eliezer akan lebih aman bila tetap berada di rutan Bareskrim karena jumlah tahanan yang lebih terbatas sehingga pengawasan bisa lebih maksimal. 

Advertisement

“Kami mempertimbangkan keselamatan Richard Eliezer, karena di Lapas lebih banyak orang (warga binaan), sehingga potensi keselamatan dia harus kami jaga,” ujar Susilaningtias seperti dikutip dari Antara, Selasa (28/2). 

Susilaningtias juga mengungkapkan rekomendasi pemindahan Bharada E ke Rutan Bareskrim, demi membantu persiapan yang bersangkutan untuk kembali bertugas sebagai anggota Polri. LPSK menilai, Eliezer akan lebih mudah beradaptasi bila masih berada di lingkungan sekitar korps Polri. 

Sempat Dipindah ke Lapas Salemba

Sebelumnya Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada Senin siang mengeksekusi Bhadara E dari Rutan Bareskrim menuju Lapas Salemba, Jakarta Pusat. Eksekusi dilakukan setelah putusan terhadap Richard Eliezer dinyatakan inkrah atau berkekuatan hukum tetap setelah Kejaksaan Agung dan pengacara Bharada E menyatakan menerima.

Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI Rika Aprianti menyebut setelah pindah ke Rutan Bareskrim, status Eliezer tetap sebagai warga binaan Lapas Kelas IIA Salemba Jakarta Pusat yang dititipkan di Rutan Bareskrim Polri.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement