Golkar Serahkan Putusan Duet Ganjar - Erick di Pilpres pada Airlangga

Ade Rosman
28 Februari 2023, 17:39
Golkar soal duet Ganjar - Erick
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo menyampaikan pidatonya pada acara pembukaan Musyawarah Nasional I 234 Solidarity Community (SC) di Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menegaskan partainya menyerahkan keputusan untuk ikut mendukung duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir kepada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Menurut Bambang sejauh ini Golkar masih tetap pada keputusan bersama menetapkan Airlangga sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

"Lewat putusan partai, kami sebagai kader dan fatsun politik yang kami miliki, ya harus patuh terhadap kebijakan," kata Bambang di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/2). 

Advertisement

Menurut Bambang sebagai Ketua Umum, Airlangga memiliki kebijaksanaan dalam menentukan arah partai. Di sisi lain ia enggan mengomentari tentang dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) yang merupakan rekan Golkar dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk mengusung duet Ganjar dan Erick Thohir. 

"Tanya ketua umum Partai Golkar," ujar Bambang.

Dukungan untuk Ganjar dan Erick sebelumnya disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan secara tersirat. Dalam rapat koordinasi nasional PAN yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, Ganjar dan Erick juga datang secara langsung dan mendengar isyarat yang disampaikan Zulkifli melalui pantun. 

"Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpang Lima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, insya Allah Indonesia tambah jaya," kata Zulkifli disambut tepuk tangan meriah dari ribuan kader yang menghadiri Rakornas.

Menanggapi dukungan PAN, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Arsul Sani mengatakan usulan nama Ganjar dan Erick bisa dibawa dalam forum musyawarah KIB. Menurut Arsul setiap peserta koalisi bisa saja mengusulkan pasangan capres dan cawapres untuk dibahas di forum. 

"Sebagai mitra koalisi di KIB, tentu PPP menghormati dan menyambut positif apa yang berkembang di Rakornas PAN untuk mengusulkan paslon Ganjar Pranowo dan Erick Thohir,” ujar Arsul seperti dikutip dari Antara, Senin (27/2). 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement