PAN Jelaskan Alasan Optimistis Duetkan Ganjar - Erick di Pilpres 2024

Ade Rosman
28 Februari 2023, 19:38
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir
Dok PAN
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Fikri Yasin mengatakan Ketua Umum PAN tak sembarangan saat menyebut kans menduetkan pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir maju dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Menurut Fikri pernyataan Zulkifli didasarkan pada aspirasi yang berkembang di internal partai. 

"Kami minta suara daerah-daerah, kepada wilayah, mereka menyampaikan itu. Masing-masing wilayah itu berbeda, kita akumulasi, tertinggi di internal kita Ganjar," kata Fikri kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Sebelumnya, pernyataan dukungan pada Ganjar-Erick tersebut disampaikan Zulkifli Hasan pada rapat koordinasi nasional PAN di Semarang, pada Mingggu (26/2) lalu. Dukungan disampaikan oleh Zulkifli melalui pantun. 

"Jalan-jalan ke Simpang Lima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, InSya-Allah Indonesia tambah jaya,” kata Zulkifli disambut tepuk tangan meriah dari ribuan kader yang menghadiri rakornas.

Meski begitu, Fikri mengatakan pernyataan yang disampaikan Ketua Umum partainya baru sebatas potensi. Partai belum menentukan sikap secara kelembagaan terhadap nama capres dan cawapres yang akan diusung. 

Menurut Fikri PAN saat ini  belum pada tahap mendorong Gubernur Jawa Tengah tersebut sebagai capres yang akan diusung. Apalagi PAN perlu mendiskusikan nama capres dan cawapres yang akan diusung dengan Koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri dari PAN, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Golkar. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...