Sinyal Reshuffle Kabinet Jokowi Dinilai Kian Dekat, Ini Indikatornya

Ade Rosman
1 Maret 2023, 06:48
Reshuffle kabinet
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan Achmad Baidowi mengatakan kans perombakan kabinet atau reshuffle oleh Presiden Joko Widodo bisa saja terjadi dalam waktu dekat. Perombakan diperlukan untuk menyikapi berbagai perkembangan politik yang terjadi. 

"Sinyal-sinyal itu sudah mulai terang kalau bakal ada pergantian," kata Baidowi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Menurut Baidowi salah satu posisi yang akan diisi lagi oleh Presiden dengan orang baru adalah  posisi Menteri Pemuda dan Olahraga usai ditinggal mundur Zainudin Amali. Zainudin yang merupakan politikus Partai Golkar itu mundur dari Menpora setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Di politik orang yang sudah mundur enggak mungkin ditahan-tahan juga," kata Baidowi.

Ia memprediksi, jika nantinya terjadi reshuffle, pengisian kursi yang kosong itu akan dibarengi dengan pengisian posisi wakil menteri yang masih kosong. Menurut Baidowi presiden bisa saja melakukan perombakan sekaligus untuk beberapa pos menteri. 

Meski begitu, Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI tersebut mengatakan, terkait perombakan kabinet merupakan hak prerogatif dari presiden. Sebagai salah satu partai pendukung pemerintah, Partai PPP kata dia akan mendukung setiap kebijakan yang dibuat Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...